-->

Malam ke-17 Ramadan, Pemkab Palas Gelar Peringatan Nuzulul Quran

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Peringatan Nuzulul Qur’an tahun 1442 H (peringatan peristiwa turunnya alquran) tingkat Kabupaten Padang Lawas (Palas) dilaksanakan di Mesjid Agung Al-Munawarroh Sibuhuan, Rabu Malam (28/04/2021)

Acara ini merupakan salah satu kegiatan peringatan hari-hari besar keagamaan yang diselenggarakan oleh Pemkab Palas, 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar umat muslim lebih mencintai Al-Qur’an,  membaca dan memahaminya serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta mempererat tali silaturahmi diantara umat muslim. khususnya ummat muslim dikabupaten Palas,

Hal ini merupakan wujud kepedulian dan tanggungjawab pembinaan umat islam di Kabupaten Palas sebagai implementasi  dan sesuai dengan Visi Misi Bupati Palas "BERCAHAYA" 

Kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an ini, karena selain mendapat manfaat juga dapat meningkatkan tali silaturahmi sekaligus juga dapat digunakan sebagai media untuk mempertebal  iman dan Islam.

Melalui peringatan ini, kaum muslimin dan muslimat Kabupaten Palas juga diingatkan agar senantiasa memegang teguh Al-Qur’an sebagai pedoman dan tuntunan dalam kehidupan kita sehari-hari"

Momentum peringatan Nuzulul Qur’an ini mampu mengingatkan umat muslim untuk senantiasa memegang teguh Al-Qur’an dan Sunnah Rosul. Hal ini sebagai pedoman dan tuntunan dalam kehidupan sekaligus mengajarkan untuk selalu pandai membaca tanda-tanda kehidupan yang kita jalani.

Peringatan Nuzulul Qur’an ini diawali dengan pelaksanaan sholat Isya dan taraweh bersama dan dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ustadz H. Ahmad Fauzan Nasution, SQ, SHi, yang membawakan materi Alquran sebagai petunjuk yang rahmatan lil Alamin.

Acara ini dihadiri oleh Sekda Palas, Arpan Nasution, Kapolres Palas, AKBP Jarot Yusviq Andito SIK, Kajari Palas, Teuku Herizal SH MH, Pimpinan OPD serta Camat se-Palas dan para alim ulama juga masyarakat Palas.

Wakil Bupati Padanglawas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi mengatakan dalam suasana pandemi Covid, peringatan malam Nuzulul Qur'an tetap disiplin protokol kesehatan.


Wakil Bupati (Wabup) Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si.,juga menyampaikan melalui peringatan Nuzulul Quran Masyarakat dapat memetik hikmah untuk lebih memahami nilai-nilai ajaran Alquran secara benar., serta meningkatkan kecintaannya terhadap Alquran melalui pembelajaran, pemahaman dan pengamalan isi dan kandungan Alquran 

Secara konsisten agar Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan bagi setiap upaya dan kerja dalam mewujudkan Palas Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya (BERCAHAYA), serta ada dalam ridho dan ampunan Allah SWT, kata Wabup.

Selain itu, Wabup juga berpesan, agar seluruh ASN di lingkungan kerja Pemkab Palas bisa mengaktualisasikan pemahaman isi dalam Al Qur'an untuk kegiatan sehari -hari dalam beraktivitas dan tidak melenceng dari Al Qur'an dan sunnah.

Wabup berharap, elemen masyarakat mendukung program Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) untuk membangun satu desa satu rumah Tahfiz untuk mencetak generasi muda yang Al Qur'ani.

"Hal itu sejalan dengan visi-misi Kabupaten Padanglawas mewujudkan Kabupaten yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya)," kata Wabup.

Menurut Wabup, jika di tahun-tahun sebelumnya telah menjadi budaya di daerah menyerahkan zakat selalu di penghujung Ramadhan.

Sementara Ustadz H.Ahmad Fauzan Nasution SQ SHi dalam tausyiahnya menjelaskan, menyampaikan keutamaan malam Nuzulul Qur’an dengan memperbanyak ibadah, termasuk bayar zakat dan bersedekah.

Ustadz H Achmad Fauzan Nasution berpesan, para orang tua untuk selalu menanamkan Al Qur'an dihati para anak -anak sehingga memberikan pemahaman yang mendalam untuk selalu melekat sebagai generasi Al Qur'ani.

"Mari kita ajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak kita, sebab tantangan yang datang terhadap anak-anak di jaman sekarang semakin mengkhawatirkan apalagi sejak dinobatkannya Provinsi Sumatera Utara darurat narkoba, dan judi online merajalela, untuk itu kita sebagai orangtua berkewajiban mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak sejak dini," ungkapnya. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini