-->

Masuki Bulan Suci Ramadhan, TPU Ramai Dikunjungi Penziarah

HARIAN9 author photo


 PADANGSIDIMPUAN| H9
Memasuki bulan suci Ramadhan 1442 H, sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Padangsidimpuan mulai ramai dikunjungi peziarah. Pedagang kembang, batu makam dan pedagang batu nisan juga memanfaatkan situasi jelang di lokasi TPU dengan menangguk panen tahunan ini. Demikian juga jasa pembersih makam tidak luput dari ketiban rezeki dari para penziarah.

Mengunjungi makam kerabat dan sanak saudara jelang puasa bagi kaum Muslim memang menjadi tradisi rutin. Di samping bersilaturahmi dengan yang masih hidup untuk bermaaf-maafan demi mensucikan hati, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa secara ikhlas dan khusyuk kehadirat Allah SWT.

Pantauan Harian Sembilan.com, Minggu (11/4/2021), di TPU Silayang-layang dan TPU Samora Kelurahan Wek I Kecamatan Padangsidimpuan Utara, keramaian peziarah sudah mulai terlihat sejak seminggu lalu. Sejak pagi, peziarah memadati TPU membersihkan makam orang tua, saudara dan famili.

” Setiap datangnya bulan puasa, kami sekeluarga berziarah ke makam orangtua dan kerabat lainnya di sini, ” kata Diana Sari Rangkuti warga Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal di sela-sela acara ziarah ke makam keluarganya.

Dikatakannya, ia bersama suami dan anak-anaknya setiap tahun datang berziarah ke makam ke dua orangtua nya di TPU Silayang-layang, “ saya bersama suami dan anak-anak datang ke lokasi pemakaman secara berombongan untuk mendoakan orang tua kami dan sanak famili yang telah mendahului kami, “ ujarnya.

Dirinya mengaku, waktu masih kecil tinggal dan bersekolah di Padangsidimpuan. Sekarang setelah berumah tangga dan bertugas di salah satu sekolah di Panyabungan dan menetap di Panyabungan. 

“ Setahun sekali kami ziarah ke sini dan biasanya seminggu atau dua hari menjelang puasa, “ katanya, seraya menambahkan, berziarah ke makam ke dua orang tuanya sudah menjadi tradisi setiap tahun bersama keluarga besar

Hal yang sama juga diungkapkan Nurasyiah Syam Rangkuti, bahwa kegiatan ziarah sudah menjadi tradisi bagi keluarga mereka setiap menjelang bulan Ramadhan. Apalagi, puasa tinggal dua hari lagi dan kebetulan anak-anak sekolah lagi libur.

Dia mengungkapkan, menjelang bulan puasa, salah satu kewajiban keluarganya yakni melakukan ziarah ke makam kedua orang tuanya yang dimakan di TPU Silayang-layang. “ Kebetulan semua keluarga lagi ngumpul, kami sempatkan ziarah ke makam orang tua kami, “ katanya.  (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini