-->

Panen Lubuk Larangan Desa Sigalapung, Dihadiri Wabup Palas

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Dalam Kegiatan  Panen lubuk larangan di Desa Sigalapung, Kecamatan  Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten Padang Lawas (Palas) ,Sabtu (03/04/2021). DIhadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Huragi, Sudaryono, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Huragi Kartim, Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sosa, Anggota Babinsa Koramil 09/Sosa serta Para Kepala Desa tetangga Desa Sigalapung, dan lainnya.

Wakil Bupati Zarnawi mengajak masyarakat untuk melestarikan  budaya lokal dengan tradisi lubuk larangan disejumlah desa dan kecamatan.

”Melalui lubuk larangan dapat meningkatkan pendapatan ekonomoni  dan menambah tingkat konsumsi ikan bagi masyarakat, karena ikan merupakan makanan gizi yang baik,”kata Wabup Ahmad Zarnawi.

Sementara Kepala Desa Sigalapung, Ibnu Nasution mengatakan  masyarakat sangat antusias mengikuti acara panen lubuk larangan.

Dikatakannya , bukan hanya masyatakat desa setempat  yang hadir, tetapi masyarakat dari kabupaten Padanglawas Utara , Kabupaten Tapanuli Selatan,masyarakat dari  Pemko Sidimpuan.Bahkan dari Provinsi Riau  juga turut hadir untuk menangkap ikan.

“Lubuk larangan ini sudah 1,5 tahun dijaga oleh masyarakat melalui  Peraturan Desa (Perdes) pada hari ini masyarakat bebas  mengambil ikan dengan ketentuan panitia”, ujar Kades.

Usai dibuka secara resmi oleh  Wakil Bupati untuk panen lubuk larangan, masyarakat beramai-ramai terjun ke sungai untuk menangkap ikan, terang Kades.

Kades berharap, tradisi ini dapat dipertahankan .Ia  mengajak masyarakat  agar sama-sama menjaga kelestarian alam dengan kegiatan lubuk larangan yang terus dibudayakan ditengah masyarakat.

“Jenis ikan disebar didalam lubuk larangan yang dipanen hari ini bibit ikan abaro dan labosang ,”pungkasnya.

Ditempat yang sama, Sahron Rizal Harahap, S.Pd., M.Si Selaku ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Huragi yang turut menghadiri Undangan dari Kepala Desa Sigalapung Ibnu Habibi Nasution, mengatakan, sangat bahagia melihat antusias masyarakat yang berdatangan dari berbagai Daerah, ada yang dari Riau, Paluta, Sidimpuan dalam ikut serta membuka Lubuk Larangan yang berada didesa Sigalapung. 

"kita tahu bahwa Lubuk Larangan memiliki fungsi yang sangat beragam, Selain menjaga kelestarian hutan, air, tanah serta melestarikan adat istiadat setempat. Lubuk Laranganpun dapat bernilai secara ekonomis dan yang paling Istimewah menjadi perekat kebersamaan ( Silaturrahmi ) dan kegotongroyongan masyarakat setempat. Sebuah tradisi yang sudah teruji". Sebutnya.

Lubuk larangan Termasuk salah satu Ke arifan lokal yang berkaitan dengan lingkungan. jadi apa yang dilakukan dan yang dilaksanakan Masyarakat Desa Sigalapung adalah salah satu bentuk kecintaan terhadap lingkungan. Katanya.

Selain itu ditambahkan ketua MUI Kecamatan Huragi,  Sahron Rizal Harahap, S.Pd., M.Si menyebutkan, bahwa kepalda Desa Sigalapung Ibnu Habibi Nasution adalah salah satu Kepala Desa yang sangat Antusias dalam membangun, dan menumbuhkan semangat bagi warganya. dan jujur, adek saya ini adalah seorang pemimpin yang selalu mengayomi masyarakatnya.

"Mari kita doakan bersama agar pemimpin-pemimpin muda Seperti Beliau ini akan semakin banyak di kabupaten Padang Lawas agar tercapai Cita-cita bapak bupati Kita yaitu Padang Lawas yang bercahaya". Ungkap Ketua MUI Kecamatan Huragi yang leboh dikenal "Sang Pencerah" (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini