-->

Pemkab Paluta Terima Sertifikat Kekayaan Intelektual Daerah Dari Kemenkumham Sumut

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menerima Sertifikat Kekayaan Intelektual Daerah Kabupaten Paluta dari Kantor Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Sumatera Utara di Medan, Kamis (08/04).

Penyerahan Sertifikat Kekayaan Intelektual Daerah Kabupaten Paluta yang digelar di aula Kantor Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Sumut tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Drs Imam Suyudi Bc.IP SH MH yang diterima langsung oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi didampingi oleh Asisten I Setdakab Paluta Saripuddin Harahap, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Paluta Eva Sartika Siregar SH MKn, Kepala BPKPAD Paluta Patuan Rahmat P Hasibuan SSTP, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada Setdakab Paluta Hadi Yusuf Nasution SSTP, Sekretaris Disbudpar Paluta Lintong Siregar beserta yang lainnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Paluta yang telah berupaya dengan baik mendaftarkan Kekayaan Intelektual Daerah Kabupaten Paluta.

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Kemenkum HAM wilayah Sumut yang telah memberikan Sertifikat Kekayaan Intelektual Kabupaten Paluta dan dari penyerahan surat kekayaan intelektual ini artinya kekayaan intelektual di Kabupaten Paluta sudah memiliki sertifikasi secara resmi.

“Ini sebagai aset, terutama dalam rangka mempertanggungjawabkan kepada dunia internasional, bahwa Pengetahuan Tradisional, Indikasi Geografis, Sumber Daya Genetik dan Ekspresi Budaya Tradisional milik Daerah Padang Lawas Utara yang sudah mendapatkan sertifikat ini menjadi jaminan salah satunya dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat kita,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Paluta Eva Sartika Siregar SH MKn menuturkan bahwa kekayaan intelektual yang didaftarkan tersebut antara lain meliputi Pengetahuan Tradisional, Indikasi Geografis, Sumber Daya Genetik dan Ekspresi Budaya Tradisional milik Daerah Paluta. 

Beliau juga mengatakan sebanyak 43 Kekayaan Intelektual Daerah Kabupaten Paluta yang telah didaftarkan, akan tetapi baru 30 yang sudah mempunyai sertifikat dan sisanya akan menyusul secepat mungkin.

“Kita akan terus berupaya untuk menambahkan daftar Kekayaan Intelektual Daerah Kabupaten Paluta agar memiliki sertifikasi secara resmi,” pungkasnya.(WD009)

Komentar Anda

Berita Terkini