-->

Pemko Padangsidimpuan Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 1442 H

HARIAN9 author photo


PADANGSIDIMPUAN| H9
Pemerintah Kota Padangsidimpuan resmi menentapkan besaran zakat fitrah tahun 1442 H/ 2021. Penetapan ini dilakukan melalui Rapat Koordinasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padangsidimpuan dengan membahas dan menentukan takaran zakat fitrah dan fidiah puasa ke nilai mata uang rupiah pada tahun 1442 H/2021 M, bertempat di aula Kantor Kemenag Kora Padangsidimpuan, Selasa (27/4/2021).

Rakor dipimpin Ketua Baznas Kora Padangsidimpuan Drs. H. Zainul Arifin Tampubolon, dihadiri Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, MH diwakili Asisten I, Kabag Kesra  Kadis Perindag, Kepala BPS, Kemenag, Ketua MUI, Pimpinan Baznas, Ketua Muhammadyah, NU, Al Waslitah, para Camat fan undangan lainnya.

Dari hasil rakor, untuk zakat fitrah tahun ini, ditetapkan berdasarkan harga beras dengan kualitas I (terbaik) seperti beras Sigudang, beras Kuku Balam, beras Siporang dan sejenisnya seharga Rp.12.000.- / Kg, dikali 2,7 Kg dan kalau di uangkan maka besaran zakat fitrah sebesar Rp 33.000 per orang.

Untuk beras kualitas II seperti beras Enam Empat, Pulo Pandan dan sejenisnya seharga Rp.10.000.- / Kg dikali 2,7 Kg dan kalau di uangkan sebesar Rp.27.000.-, serta untuk beras kualitas III seperti beras Bulog atau lojal dan sejenisnya seharga Rp.9.300.- / Kg dan kalau di uangkan sebesar Rp.25.000.-.

Sedangkan untuk fidiah puasa per jiwa per hari dan kalau ditentukan dengan beras ukuran 0,7 Kg atau beras yang dikonsumsi setiap hari beserta lauk pauk da  kalu dibayarkan dengan uang per hari per jiwa, dibagi dalam 3 kategori yakni, tingkat ekonomi mapan, tingkat ekonomi menengah dan tingkat ekonomi lemah.

Berita acara penentuan takaran zakat fitrah dan  fidiah puasa yang dikonversi ke nilai nata uang rupiah di Kota Padangsidimpuan di tandatangani Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH,  Ketua Baznas Kota Padangsidimpuan Drs. H. Zainul Arifin Tampubolon, Kakan Kemenag Kota Padangsidimpuan Drs. Saripuddin Siregar, MM dan Ketua MUI Kota Padangsidimpuan Drs. Zulfan Efendi Hasibuan, MA 

Ketua Baznas Kora Padangsidimpuan Drs. H. Zainul Arifin Tampubolon mengatakan, bila memperhatikan hasil rapat serta survey harga beras di Kota Padangsidimpuan maka Pemko Padangsidimpuan telah menetapkan takaran zakat fitrah pada tahun 1442 H dengan beras sebesar 2,7 Kg, maka ditetapkan besaran zakat fitrah yang dikonversikan ke mata uang rupiah sebesar Rp.33 ribu.

Ia mengungkapakan bahwa Baznas menghormati putusan hasil rakor dan sebagai mitra pemerintah, Baznas sepakat untuk bersinergi dengan pemerintah daerah, Kemenag, MUI, dan lainnya. 

" Insya Allah Baznas kedepan akan lebih maju dalam rangka membantu membangun Pemerintah Kota Padangsidimpuan di sektor keagamaan, yang pada dasarnya misi Baznas adalah bagaimana merubah yang mustahik menjadi muzakki. Inilah program unggulan untuk bersinergi dengan semua pihak, " katanya.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, MH diwakili Asisten I Iswan Nagabe menambahkan dengan telah ditetapkannya besaran zakat fitrah ini, Pemko Padangsidimpuan mengimbau kepada masyarakat untuk membayar zakat fitrah. Tak ketinggalan kepada semua ASN/PNS Pemko Padangsidimpuan untuk membayar zakat maal atau zakat profesi, terlebih saat ini banyak warga yang membutuhkan manfaat dari zakat tersebut.

" Pembayaran zakat diharapkan untuk disegerakan jangan sampai mepet hingga malam lebaran Idul Fitri, karena banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan mengingat masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor petekonomian masyarakat, " ucap Iswan. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini