Personil TNI-Polri dan Pemda di Tapsel Gelar Patroli Skala Besar

HARIAN9 author photo


 TAPSEL|H9
Pastikan wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan aman dan kondusif  personil TNI-Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tapanuli Selatan, menggelar patroli gabungan skala besar, dengan sasaran senjata api (Senpi), bahan peledak (Handak), senjata tajam (Sajam) dan Narkoba, di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan, Kamis (1/4/2021).

Patroli dipimpin Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, diwakili Kabag Ops Polres Tapanuli Selatan AKP. Abdi Abdullah, SH, dengan lokasi patroli dimulai dari Polsek Batang Angkola Polres Tapanuli Selatan.

Patroli juga diikuti para Kabag dan Kasat se jajaran Polres Tapanuli Selatan, serta melibatkan 6 regu personil yang berjumlah sekira 60 personil terdiri dari satu regu perwira Polres Tapanuli Selatan, satu regu personil TNI Kodim 0212/TS, satu regu personil Sat Lantas Polres Tapanuli Selatan, satu regu personil gabungan dari Sat Shabara, Intelkam, Reskrim, Narkoba dan Polsek Batang Angkola, satu regu personil Satpol PP Pemkab Tapanuli Selatan dan satu regu personil Dishub Pemkab Tapanuli Selatan.

Selain menggelar patroli, tim gabungan juga mendatangi rumah-rumah ibadah ummat Nasrani guna sterilisasi baik di dalam maupun di luar gereja dengan menggunakan metal detector serta memberikan himbauan kepada pengurus gereja agar selama pelaksanaan ibadah ataupun kebaktian tetap mematuhi Protokol Kesehatan penanganan Covid-19.

Adapun gereja-gereja yang menjadi sasaran tim patroli yakni, Gereja HKBP Siture Distrik - I Tabagsel - Sumbar Resort Habinsaran Padangsidimpuan desa Siture Kecamatan Batang Angkola, Gereja HKBP Sigulang Losung Distrik - I Tabagsel - Sumbar Resort Habinsaran Padangsidimpuan desa Sigulang Losung Kecamatan Batang Angkola dan Gereja Allah Di Indonesia (GADI) desa Sigulang Losung Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, diwakili Kabag Ops Polres Tapanuli Selatan AKP. Abdi Abdullah, SH mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman, nyaman dan sekaligus menciptakan situasi yang kondusif khususnya bagi umat yang akan melaksanakan ritual memperingatali wafat Isa Al - Masih, khususnya di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan.

Selanjutnya,  pelaksanaan razia bertujuan untuk menindak para pengguna kendaraan atau orang yang membawa senpi, bahan peledak, senjata tajam, narkoba serta barang - barang berbahaya lainnya guna mengantisipasi pergerakan teror saat pelaksanaan kebaktian atau ibadah di gereja.

" Agar selama pelaksanaan kegiatan seluruh personil mengedepankan sikap yang humanis dan tetap mematuhi Prokes guna mencegah penyebaran Covid'19 di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan dan hasil pelaksanaan kegiatan patroli dan razia, tidak ditemukan hal'hal yang mencurigakan dan juga tidak ditemukan kendaraan atau orang yang membawa senpi, bahan peledak, senjata tajam, narkoba serta barang - barang berbahaya lainnya, " ujar Abdi.

Abdi juga memaparkan kegiatan patroli skala besar ini akan dilakukan secara simultan baik di pagi, siang dan malam hari di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan. Langkah ini dalam rangka cipta kondisi, sekaligus untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat di Kota Padangsidimpuan, pasca bom bunuh diri di gereja Katedral Makassar baru-baru ini.

" Kami ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat, bahwa masyarakat tetap bisa melaksanakan kegiatan bagaimana biasanya dengan tidak merasa terganggu oleh apa pun dan mudah-mudahan situasi di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan ini aman, tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Masyarakat bisa beraktivitas dan siap memasuki Paskah dan bulan suci Ramadhan, " tegasnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini