-->

Tapsel Raih WTP untuk yang ke Tujuh Kalinya

HARIAN9 author photo


 TAPSEL| H9
Sebuah prestasi membanggakan kembali di raih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) pada penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke tujuh kalinya secara berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara.

Penghargaan WTP yang diraih Pemkab Tapsel mulai tahun 2014 sampai 2020 dan ini merupakan bentuk prestasi dari pemimpin sebelumnya Syahrul M Pasaribu yang telah bekerja keras dalam melakukan tata kelola keuangan dengan baik.

Penyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA. 2020 dengan Opini WTP ini, diserahkan Ketua BPK RI Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan kepada Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, S.Pt, MM
di Kantor BPK RI Perwakilan Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol No 22, Medan, pada Jum'at (9/4/2021).

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, S.Pt, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemimpin sebelumnya Syahrul M Pasaribu dan seluruh stakeholder termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bekerja keras dan berkomitmen dalam melakukan tata kelola keuangan yang baik dan sesuai aturan sehingga penghargaan opini WTP kembali diraih oleh Pemkab Tapsel.

Bersama Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Kaban PKPAD Tapsel M. Frananda serta Inspektur Daerah M. Ali Imran, Bupati Dolly Pasaribu menyampaikan, prestasi ini adalah yang pertama di Sumatera Utara dan atas dasar opini WTP dari BPK, maka ini menjadi pintu masuk untuk berkontestasi dengan Pemkab/Pemkot seluruh Indonesia dalam mendapatkan Insentif Daerah seperti yang sudah diperoleh Tapsel selama ini.

" Insentif Daerah sangat membantu di dalam percepatan pembangunan Tapsel yang kita cintai dalam rangka mewujudkan visi misi Bupati Tapsel untuk menjadikan masyarakat Tapsel yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera, " ujar Dolly.

Menurutnya, raihan penghargaan ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dan itu menjadi tantangan tersendiri dan penyemangat bagi saya untuk bisa lebih baik lagi di masa masa yang akan datang. " Minimal dapat mempertahankan yang sudah baik ini menjadi sebuah tradisi di Tapsel, " terangnya.

Sebelumnya, Ketua BPK RI Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan didampingi Kepala Sub Auditorat Sumut II Puspitaningtyas dan Anggota Tim Audit Roby Pramana mengatakan sesuai UU nomor 15 Tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara bahwa LKPD diserahkan selambat-lambatnya dua bulan setelah BPK menerima dari pemerintah pusat/daerah.

Namun katanya, LKPD Tapsel TA 2020 saat itu lebih cepat diserahkan oleh Bupati dua periode terdahulu Syahrul M Pasaribu yakni 11 Februari 2021 sehingga BPK mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan audit.

" Saya ucapkan selamat kepada Pemkab Tapsel yang telah berhasil meraih penghargaan opini WTP untuk ke tujuh kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2014 hingga 2020 dan saya berharap agar penghargaan ini dapat terus dipertahankan serta ditingkatkan lagi, " harap Eydu.(WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini