Tingkatkan Kapasitas Tagana, Dinsos Palas Adakan Pelatihan

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengadakan pelatihan tanggap darurat penanggulangan bencana taruna siaga bencana (Tagana) tahun 2021, di Aula Kantor Dinsos Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (31/03/2021). hingga selesai.

Kegiatan tersebut, dalam menyiapkan personel yang siap dan tangguh pada penanganan masalah strategis yang menyangkut perlindungan sosial korban bencana alam.

Acara yang diselenggarakan selama ini, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Palas Arpan Nasution, S.Sos yang diwakili oleh Plt Kadis Sosial. H. Ahmad Fauzan Nasution. SH.I, M.Pd I.

kepala Dinsos Kabupaten Palas H. Ahmad Fauzan Nasution, SH.I, M.Pd.I., pelatihan Tagana pada tahun ini bertujuan untuk pembekalan dan kesiapan setiap personel dalam menangani bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu dan untuk meminimalisir daerah-daerah rawan bencana.

"Bertapatan dengan HUT Tagana yang ke 17, kita mengadakan pelatihan, pembekalan sekaligus orientasi, sehingga nanti anggota Tagana ini, semakin mantap dalam memahami akan tugas dan tanggung jawab anggota Tagana". Sebut Kadinsos Palas.


Dalam kesempatan itu juga  Plt. Kadis Sosial Kabupaten Palas, H. Ahmad Fauzan Nasution, SH.I, M.Pd.I mengatakan merasa bersyukur karena putra putri terbaik palas sebanyak 30 orang, yang bersedia direkrut masuk menjadi anggota tagana.

Anggota tagani ini, adalah panggilan hati nurani, kalau kita mengharapkan materi dari tagana ini jelas sudah salah masuk. Maka disaat memberikan arahan serta bimbingan ini, diingatkan kembali kepada anggota tagana pertama semua didalam  hati anggota Tagana semangat untuk melayani.

Terkait materi-materi yang disampaikan oleh Narasumber Nantinya mari dengar dan simak dengan baik tugas Tagana itu sangatlah luhur, dia masuk dan hadir sebelum adanya bencana, terjadinya bencana dan pasca bencana.
Ujarnya.

Selain itu, dikatakan  H. Ahmad Fauzan, Apalagi sejarang dimusim penghujan kabupaten Padang Lawas, dalam dua minggu terakhir ini, diterjang bencana banjir, dimulai dari Kecamatan Sosopan yang terlebih dahulu dimulai dari Desa Pintu Padang, Kecamatan Ulu Barumun, dimana
Puncaknya itu yang terjadi hari Sabtu kemarin banjir menyapu diKecamatan Sosopan, kecamatan Barumun Baru, menuju Sosa Julu, kemudian dikecamatan Ulu Sosa, sampai pada di Pasar Lombang Kecamatan Sosa.

'Untuk kejadian bencana Banjir Kali ini, menelan  satu orang korban jiwa, yang dari desa parapat, kecamatan Ulu Sosa. Jadi kawan kawan semua, kondisi 
Tofografi, Alam kabupaten padang lawas, rawan bencana alam. Ungkap H. Ahmad Fauzan.

Sementara dalam arahan dan sambutan Narasumber, Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Kabupaten Palas Parlindungan Hasibuan, S.Pd.I.,  mengatakan keberadaan relawan Tagana memang sangat bermanfaat dan membantu dalam kegiatan tanggap darurat di tingkat pertama, karena terjadinya bencana tidak dapat diprediksi secara tepat.

"Oleh karena itu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terkena bencana kawan-kawan Tagana harus punya kemampuan, kegiatan seperti ini (pelatihan tanggap darurat) memang perlu dilakukan untuk menambah kualitas dan profesionalisme," ujarnya.

Kabid Linjamsos Dinsos Palas Mawardhani Daulay, mengatakan kegiatan ino bertujuan mewujudkan program pemerintah daerah dalam terbentuknya masyarakat palas yang Bercahaya, dan meningkatkan koordinasi, kompetensi kapasitas kabupaten palas, yang terdiri dari 17 (tujuhbelas) kelas tagana palas

Ia berpesan kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, juga menghimbau supaya memperhatikan tambahan apa yang disampaikan oleh pemateri kegiatan,  Pesanya.

Ditambahkan Kasi Linjamsos, Paruhum Jacksen Hasibuan, mengatakan dimana hadil yang dicapai dalam kegiatan kita. Untuk menongkatkan kinerja Tagana Kabupaten Palas, baik secara koordonasi, Kapasitas maupun Fadilitas, administrasi dan tekhnis.

"Dalam menghadapi penanggulangan bencana kita tidak boleh panik, untuk itu kami berpesan ikuti kegiatan ini sebaik-baiknya karena ini sudah menjadi jiwanya, korsanya kawan-kawan Tagana dalam menjadi relawan," imbuh Jacksen Hasibuan. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini