UPT Jalan Jembatan Padangsidimpuan Perbaiki Jalan Propinsi Yang Longsor di Tapsel

HARIAN9 author photo

TAPSEL| H9
Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Propinsi Sumateta Utata melalui Unit Pelaksana Tekhnis Jalan dan Jembatan (UPT JJ) Padangsidimpuan terus melakukan upaya perbaikan Jalan Propinsi di Desa Sigordang Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang terkena dampak bencana longsor beberapa waktu lalu.

 
Kepala Dinas UPT JJ Padangsidimpuan Hasian Negara Dasopang, ST difamoingi Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Ikhdar Abudaya, ST, Sabtu (17/4/2021) mengatakan, saat ini petugas dari Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut melalui UPTJJ Padangsidimpuan akan melakukan perbaikan dengan langkah memperkuat badan jalan dengan tembok penahan dengan pondasi sampai ke tanah keras yang emiliki panjang sekira 20 meter dan dalam 10 meter..
 
Selain itu, permukaan jalan juga harus diamankan supaya tidak ada longsoran yang jatuh menyebankan badan jalan amblas ke dasar jurang dan saat ini pihak UPTJJ sedang melakukan survey dan mempersiapkan berbagai material seperti batu pecah, pasir, semen, dll, untuk pembangunan dek pengaman jalan.
 
" Saat ini kami fokus untuk memperbaiki badan jalan yang longsor agar arus lalu lintas tidak terganggu, " ucap Ikhdar srmbari mengatakan masih ada 3 titik badan jalan lagi jurusan SD. Hole dan Aek Bilah yang butuh penanganan segera, “ katanya.
 
Ikdar menjelaskan, untuk perawatan jalan Propinsi  yang ditangani oleh UPTJJ Padangsidimpuan ini, pihaknya menggunakan dana pemeliharaan jalan, dengan harapan memperlancar arus lalu lintas, apalagi jelang  lebaran.
 
“ Anggaran yang kita gunakan hanya untuk pemeliharaan dan perawatan dan diperuntukan jika memang kondisi jalan dalam keadaan rusak parah. Yang jelas pada intinya segera kita lakukan perawatan, ” tukasnya.
 
Terpisah, anggota DPRD Tapsel Ipong Dalimunthe yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Aek Bilah, SD Hole dan Kecamatan Arse, mengapresioasi pihak Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Propinsi Sumateta Utata melalui UPTJJ Padangsidimpuan yang tanggap terhadap jalan Propinsi yang longsor di Dapilnya dengan mengunakan anggaran pemeriharaan pada UPTJJ Padangsidimpuan.
 
“ Memang sepanjang jalan Propinsi SD Hole Aek Bilah ada 4 titik jalan longsor dan amblas yang butuh penanganan serius dan baru satu titik dilakukan pemeliharaan dengan cara bertahap menyusul titik ruas jalan lainnya agar arus lalu lintas tidak membahayakan. Harapan kita sebelum lebaran seluruhnya bisa tuntas, “ ucap Ipong.
 
Seperti diketahui, dipicu hujan deras beberapa waktu lalu, ditanbah tanah yang labil, mengakibatkan sejumlaqh titik ruas jalan Propinsi SD Hole hingga Kecamatan Aek Bilah mengalami longsor dan amblas dan retak, sehingga mengancam para pengguna jalan. (WD14)
Komentar Anda

Berita Terkini