Waspadai Modus Penipuan Berkedok Lowongan Kerja PLN

HARIAN9 author photo


 PADANGSIDIMPUAN|H9
PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap maraknya penipuan terkait rekrutmen yang mengatasnamakan PT. PLN.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Supervisor Pelayanan Pelanggan PT PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Padangsidimpuan Kota Asni Siti Ratnasari, melakui group WhatsAap (WA) 'PLN Menyapa PSP Kota' Rabu (31/3/2021).

Menurut Asni, PLN tidak pernah melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak dibenarkan memungut biaya apapun bila ada pelamaran untuk mengikuti seleksi yang diselenggarakan PLN. Selain itu, lanjutnya, tidak ada sistem reimbursement atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi.

" Untuk rekrutmen, PLN tidak pernah meminta atau mengutip biaya apapun kepada calon peserta yang akan mengikuti rekrutmen dan jika ada pengumuman rekrutmen PLN maka peserta akan diinformasikan melalui email rekrutmen@pln.co.id, " ujar Asni.

Ia menegaskan PLN hanya memiliki satu link resmi yang dikelola oleh PLN pusat untuk melakukan perekrutan pegawai melalui alamat web rekrutmen.pln.co.id. Melalui web tersebut, pelamar dengan mudah dapat mengakses informasi tentang lowongan kerja yang dibuka serta pengumuman hasil seleksi calon pegawai PLN dapat dilihat di sana.

" Tidak ada situs apapun selain di rekrutmen.pln.co.id sebagai media resmi PLN untuk penerimaan maupun panggilan calon pegawai. Jika ada, maka saya pastikan itu adalah penipuan, jangan terkecoh. Jadi, saya imbau silakan buka situs tersebut untuk info rekrutmen,, " tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan, PLN juga memberikan beberapa tips agar dapat mengenali penipuan rekrutmen dari pihak yang tidak bertanggung jawab yakni semua informasi dan pendaftaran terkait rekruitmen hanya melalui situs resmi PLN. PLN tidak bekerja sama dengan biro perjalanan manapun. 

PLN juga katanya, tidak pernah memungut biaya pendaftaran, akomodasi maupun transportasi selama proses rekrutmen dan PLN tidak pernah datang dan berkomunikasi langsung dengan peserta secara personal untuk menyampaikan informasi rekrutment. Keempat, pastikan telah mendaftar melalui website rekrutmen PLN.

" Apabila terdapat informasi yang meragukan seputar rekrutmen, kami sarankan untuk melakukan konfirmasi ke kantor PLN terdekat dan kalau perlu,  laporkan juga akun email atau kontak yang ada di surat pemberitahuan ke pihak berwajib, jika ada yang tertipu, " tegasnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini