-->

WDC Bersiap Penuhi Kebutuhan Logistik Warga Prasejahtera Menjelang Ramadan

HARIAN9 author photo


MEDAN| H9
Ramadan 2021 menjadi tahun kedua bagi umat muslim menjalani ibadah puasa dalam kondisi pandemi Covid-19. Dalam keadaan ini, kekhawatiran masyarakat juga belum benar-benar pulih, salah satunya berkait kondisi ekonomi bagi masyarakat prasejahtera.

Meredam keadaan tersebut, Aksi Cepat Tanggap berikhtiar memasifkan distribusi pangan dari Waqf Distribution Center (WDC) melalui Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan. Menurut Koordinator WDC Pungki Martha Kusuma, gerakan ini sebagai sinyal untuk masyarakat prasejahtera agar tidak mengkhawatirkan kesediaan pangan selama Ramadan.

“insyaallah, gotong royong masyarakat melalui Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan hadir mendampingi masyarakat prasejahtera saat sahur dan berbuka," kata Pungki, Selasa (6/4/2021).

Tahap pertama Gerakan Sedekah Pangan Nasional, Aksi Cepat Tanggap akan memberangkatkan armada kemanusiaan dari WDC ke berbagai wilayah di Jawa Barat dan Jabodetabek. Masing-masing armada membawa bahan pangan berupa satu ton beras dan 100 karton air minum. 

Jumlah distribusi akan terus bertambah selama Ramadan. Selama Ramadan, ACT mengikhtiarkan bantuan pangan menjangkau 15 juta warga prasejahtera di Indonesia. Sementara itu, untuk wilayah Indonesia tengah dan timur, ACT akan memasifkan bantuan melalui kantor cabang.

Pungki menyebutkan, distribusi pangan selama Ramadan akan dilakukan di 34 provinsi, melibatkan 117 kantor cabang ACT. Nantinya kantor cabang akan difungsikan sebagai unit WDC. Pungki menjelaskan, saat ini kantor cabang dapat mendistribusikan bantuan  pangan sebanyak 5-15 ton beras dalam sepekan.

Selain masyarakat prasejahtera, bantuan pangan juga akan melibatkan dan menjangkau berbagai unsur, seperti pemerintah daerah, masjid, ulama, TNI, Polri, dan pesantren. 

“Untuk mewujudkan distribusi bantuan kepada warga prasejahtera itu, kita perlu bergotong royong. Gotong royong adalah nilai kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu. Mari kita galakkan lagi melalui Gerakan Sedekah Pangan Nasional sehingga kesediaan pangan masyarakat prasejahtera selama Ramadan tercukupi. Bagi yang punya kelebihan harta, mari kita bersama-sama memberikan yang terbaik untuk umat yang membutuhkan," ajak Pungki.(PR01)

Komentar Anda

Berita Terkini