Yonkav 6/NK Gelar Semapta Priodik I TA 2021

HARIAN9 author photo


 MEDAN| H9
Dalam rangka membina dan meningkatkan kemampuan jasmani prajurit, Yonkav 6/NK melaksanakan Test Kesegaran Jasmani Periodik I TA 2021 bertempat di lapangan Makoyonkav 6/NK, Jumat  (9/4/2021).

Sebelum kegiatan Test Kesegaran Jasmani, kegiatan diawali dengan pengecekan personil kemudian dilanjutkan pemeriksaan tahap awal  berupa pengecekan kesehatan yaitu  mengecek tensi dan denyut nadi perorangan, kemudian dilanjutkan dengan mengukur tinggi badan dan berat badan. Para prajurit juga menjalani prosedur lainnya sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan jasmani yang di keluarkan oleh TNI Angkatan Darat. Kegiatan Semapta Priodik  ini meliputi  nilai kesegaran A yaitu pada bidang lari setiap prajurit berupa melaksanakan lari selama 12 menit dengan jarak yang telah ditentukan dengan kategori umur. Sedangkan samapta B yang terdiri dari pull up, sit up, push up, lunges, shutlle run dan renang militer dasar dengan jarak 50 meter, 

Danyonkav 6/NK Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos menyatakan melalui tes samapta periodik ini, diharapkan dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit setiap enam bulan sekali.
Karena mereka dihadapkan dengan tantangan tugas yang semakin kompleks. Sehingga prajurit dituntut profesional dan memiliki fisik yang tetap prima, oleh karena itu dibutuhkan pembinaan fisik secara rutin sehingga bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala, imbuhnya. 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah situasi Pandemi Covid-19 sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.(pp-04)

Komentar Anda

Berita Terkini