Yuk, Telusuri Potensi dan Peta Lokasi Menuju Wisata Baru Puncak Laut Tawar

HARIAN9 author photo


KARO| H9
Di puncak Laut Tawar Sinar Rumah Tuan yang berada di kawasan perbatasan Karo dan Simalungun, kita tidak perlu beranjanak dari pijakan awal, kita cukup berputar 360 drajat, kita akan melihat banyaknya view yakni Air Terjun Sipiso-piso, Taman bunga sapo juma, Gajah bobok, Maulana Cafe & Villa, Taman Simalem Resort, Gunung Sibuatan, Sibolangit Karo, Desa Tongging, Sikodon-kodon, Paropo, Silalahi, Binangara Dairi, Gunung Pusuk Buhit, Pasir Putih Parbaba, Tanah Ponggol, Pangururan, Tele, Sipinsur, Muara, Lumbanjulu, Tomok, Tuktuk, Parapat, Simanindo, Tigaras, Baluhut,Bage, Dolok Singgalang, Sippan, Tebing Dolok Mariah, Gunung Tanduk Banua atau Dolok Sipiso-piso.

Pengembang kawasan ini, Benson Kaban mengatakan dari nama yang disebut diatas terwakili 7 kabupaten sekitar Danau Toba, yakni Samosir, Humbang Hasudutan, Tapanuli Utara, Toba (Toba Samosir), Dairi, Karo dan Simalungun. 

"Uniknya, Kawasan hamparan diatas Puncak Laut Tawar Sinarta Rumah Tuan merupakan bagian dari Kabupaten Simalungun, masuk Dusun Happoan desa Sinar Naga Mariah,  tebing atau tanah miringnya keliling adalah Kabupaten Karo, masuk Desa Sibolangit,"katanya, Selasa (20/4/2021). 

Puncak Laut Tawar berhadap-hadapan langsung dengan Taman Simalem Resort, bisa dibayangkan seandainya ada cabelcar sebagai penghubung kedua bukit ini. 

Puncak Laut Tawar akan sangat anggun jika dipandang dari Wisama Sibayak Tongging. 

Disekitar lokasi sudah berkembang dengan baik, Wisata Alam Hapoan (WAH),  Binahal Indah Resort (BIR) dan SPS Nauli. 

"Akses jalan ke lokasi ini 8 Km dari Simpang 3 Merek, Ke arah Seribu Dolok / Pematang Siantar, atau 5 Km dari Simpang Happoan atau Perbatuan masih di  kawasan Simpang Bage Desa Sinar Naga Mariah," ujarnya.

Dikatakannya, Benson juga bersama dengan lembaga Bintang Karunia Organize, yang juga merupakan secara historis berasal dari Kaban Tua yang Oppungnya berasal dari desa Pengambatan Kaki Bukit Tanduk Banua dan Desa Budaya Dokan di Kecamatan Merek.

"Kita sudah pastikan, Lebaran nanti wisata Puncak Laut Tawar Sinar Rumah Tuan sudah bisa dikunjungi,"pungkas Benson. (PR01) 

Komentar Anda

Berita Terkini