-->

BMKG Catat Belasan Kali Gempa Terjadi di Nias

HARIAN9 author photo

ist

NIAS| H9
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya belasan kali gempa susulan setelah gempa bermagnitudo 6,7 (setelah pemutakhiran) yang mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, hari ini.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa bumi yang terjadi pada pukul 13.33 WIB, Jumat (14/5), itu berepisenter di laut pada koordinat 0,2 LU dan 96,69 BT dengan jarak 125 km arah barat daya Lahomi, Nias Barat. Gempa ini pun memiliki kedalaman 10 km.

“Hingga pukul 16.18 WIB sore ini, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock) sebanyak 13 kali,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (14/5/2021).

Berdasarkan pantauan BMKG, lanjut dia, guncangan gempa ini dirasakan di Gunung Sitoli Nias (III-IV MMI), Banda Aceh (III MMI), Aek Godang, dan Aceh Tengah (II MMI). Hingga kini, belum ada laporan dampak kerusakan dari masing-masing lokasi. Ia menambahkan, gempa dengan kekuatan magnitudo 6,7 ini tidak berpotensi tsunami, berdasarkan hasil pemodelan.(ril)

Komentar Anda

Berita Terkini