-->

Disperindag Palas Sidak Harga Sembako di Pasar Sibuhuan

HARIAN9 author photo

 

PALAS| H9
Dinas Koperasi UMKM,  Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah pasar tradisional. Hal ini dilakukan guna mengetahui jika adanya penyebab kenaikan harga komoditi bahan pokok sebagai langkah antisipasi atasi lonjakan harga tersebut.

"Dari hasil sidak, harga pada umumnya masih terjangkau, dalam sidak ini kita turut didampingi Polres Palas, yang diwakili oleh Kasat Reskrim Polres Palas, AKP Aman Putra Bangunsyah, SH, bersama anggotanya," kata Kepala Dinas Kopetasi UMKM,  Perdagangan dan perindustrian Kabupaten Palas Gojali SE, melalui Kabid Perdagangan Hadir Siregar, S.Sos, bersama Kasi lainnya, Senin, (03/05/2021).

Hadir Siregar menyebutkan, insfeksi ini kita lakukan untuk mengetahui jika ada terdapat penyebab harga komoditi yang melonjok, apalagi sekarang kita sedang menjalankan ibadah puasa. Selama ini pasokan sembako baik dari lokal maupun dari luar kabupaten di sejumlah pasar di Kabupaten Palas berjalan dengan Lancar.

"Jadi bukan karena ada spekulan atau kecurangan, setelah kita telusuri ke produsen dan distributor, itu kendalanya karena masa pandemik covid-19. Suplai jadi tersendat dan harga sembako keseluruhan masih terjangkau," ucapnya.

Berdasarkan data yang telah kita disurvey di Pasar Sibuhuan pada senin ini, (03/05/2021) harga komoditas cabai rawit 20 ribu, dan merah 32 ribu per kilogram (kg) masih bisa dikatakan terjangkau oleh masyarakat.

Selain harga cabai,  harga beras  merk Kuku Dalam,  Rp12.000 per kg, Beras Lokal Rp. 10.00 ribu per kg, dan Jongkong Ir 64  Rp. 11.000 ribu per kg. Gula Pasir Rp. 13 Ribu per Kg, Gula Merah Rp. 22. Ribu per Kg, Minyak Goreng Rp. 13. Ribu per kg, kemasan Bimoli Rp. 16. Ribu pwr kg, minyak tanah Rp. 10. Ribu per Liter. Tepungvterigu merk payung Rp. 7.000 ribu per kg, merk segitiga biru dan cakra kembar sama dengan harga Rp. 12. Ribu per kg.

"Bawang merah lokal Rp. 32 ribu per kg, bawang putih Rp. 28 ribu per kg, daging sapi murni Rp130 ribu per kg, daging ayan broiler Rp. 35 ribu per kg dan daging ayam kampung Rp. 50 ribu per kg " kata Kabid Perdagangan Hadir Siregar.

Selanjutnya harga telur, telur ayam broiler Rp. 30 ribu per papan, telur ayam kampung Rp. 3.000 ribu pet biji. sedang susu kental manis, merk susu bendera dan indomilk Rp12.000 per kaleng, merk dancow Rp. 300. Garam beryodium halus Rp800 ribu per pak,  kentang Rp10 ribu per kg, dan Tomat Rp. 8.000 per kg.

Untuk Jenis komoditi Kacang Tanah Rp. 25 ribu per kg, kacang hijau Rp24 ribu per kg. indomiw kari  ayam Rp2.500 per bungkus, Ikan asin teri Rp. 60 ribu per kg, ikan mas Rp35 ribu per kg, ketela pohon Rp. 2.500 per kg. Terakhir LPG yang 3kg Rp 20 ribu, itulah semua jenis komoditi yang telah langsung kita survey di pusat pasar tradisional, pasar sibuhuan, Pungkas 1. Hadir Siregar, S.Sos, Kepala Bidang Perdagangan didampingi Edy Halomoan Siregar Kasi Bina Usaha Perdagangan Dan Jasa,  B.A. Syafarnuh Siregar, S.Si, M.Pd Kasi Informasi Pengawasan Perdagangan Dan Kemetrologian, dan  Rezeki Angriani Siregar, SE  selaku Analis Perdagangan Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Kabupaten Palas. (WD41).
Komentar Anda

Berita Terkini