-->

Forum Anak Harus Mampu Menjadi Wadah Kreativitas Menuju Generasi Emas Tapsel

HARIAN9 author photo


 TAPSEL| H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, menegaskan, pembentukan Forum Anak, sebagai bagian dari Kabupaten Layak Anak (KLA), harus mampu menjadi wadah kreativitas bagi anak-anak generasi emas Tapsel.

" Hal itu bertujuan agar anak-anak Tapsel berpikir kreatif, menyalurkan bakatnya dan mengembangkan kepribadiannya sehingga mampu menemukan solusi terhadap masalah sosial pada anak, " ujar Bupati Dolly disela acara pembentukan dan pengukuhan Forum Anak Kabupaten Tapsel periode 2021-2023 di Aula Kantor Camat Angkola Timur, Jumat (28/5/2021).

Acara pengukuhan dihadiri, Asisten Administrasi Umum Ahmad Buchori, Kepala BNNK Tapsel AKBP Tongku Bosar Pane, Kadis PP dan PA Tiorisma Damayanti, Kadis Kesehatan dr Sri Khairunnisa, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, Sekretaris MUI Tapsel Henri Harahap dan Camat se Kabupaten Tapsel.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapsel juga berharap, Forum Anak ini dapat menjadi satu wadah mensosialisasikan kebijakan dan perundang-undangan, terkait pemenuhan hak anak dan mampu menjadi tutor sebaya dan bermanfaat bagi pemerintah dalam melaksanakan amanah undang-undang perlindungan anak.

" Selaku Dewan Pembina, saya meyakini kegiatan ini dapat bermanfaat bagi anak, masyarakat, dan pemerintah, serta penyebarluasan informasi terkait anak lebih fokus, tepat sasaran dalam penyusunan strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan lebih ke arah perspektif anak, " tuturnya, seraya mengingatkan agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan. 

Bupati juga menceritakan, dari sisi orang tua ketika memiliki putri pertama, cukup sulit menghadapi kelakuan putri pertamanya tersebut. Sehingga ia banyak mencari referensi dari internet dan akhirnya menemukan forum 'Indonesian Strong From Home' yang merupakan sebuah forum yang melibatkan orang tua dan anak dalam membina keluarga yang kuat.

" Saya mengakui, perspektifnya berbeda dalam memandang kehidupan anak-anak. Seringkali orang tuanya belum mengerti apa yang diinginkan oleh anak, sehingga mudah sekali memberi label pada seorang anak. Pola komunikasi dan menyatukan dalam suatu wadah ini sangat penting dan strategis, mengingat bahaya penyalahgunaan narkoba, kejahatan pada anak, eksploitasi anak yang marak akibat cepatnya informasi, " katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel, Ny Rosalina Dolly Pasaribu, yang juga Pembina Forum Anak mengatakan, anak merupakan aset bangsa, modal utama pembangunan, serta tumbuh kembang anak, tanggungjawab semua pihak (orang tua, masyarakat, dan pemerintah).

" Wadah ini, bertujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan mempunyai pemikiran visioner ke depan. Anggota Forum Anak juga bisa menjadi pelopor dan pelapor serta menjadi tutor sebaya untuk mengajak anak yang belum bergabung di Forum Anak, " katanya.

Ia menyebutkan, Forum Anak juga sebagai wadah partisipasi yang diharapkan dapat menampung aspirasi, gagasan dan ide yang berkaitan dengan aspek tumbuh kembang anak. 

" Selanjutnya Forum Anak ini dapat menyalurkan aspirasinya kepada pemerintah daerah untuk di jadikan pertimbangan bagi pemangku kepentingan dalam proses perencanaan pembangunan, " ungkap Ny Rosalina. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini