-->

Maksimalkan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan dengan Smartphone

HARIAN9 author photo


MEDAN|H9
Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk melakukan amal kebaikan dan memaksimalkan ibadah, salah satunya membaca Al-Qur’an atau mengaji. Meski Ramadan 2021 masih sama seperti tahun lalu akibat pandemi COVID-19 yang belum mereda, kamu tetap perlu memiliki semangat untuk menjalaninya.

"Untuk meningkatkan ibadah, kamu dapat melengkapi amalan puasa melalui bantuan gawai digitalmu. Berbagai aplikasi penunjang Ramadan untuk smartphone saat ini mempunyai fitur cukup lengkap seperti penunjuk arah kiblat, waktu sahur dan berbuka, waktu sholat hingga aplikasi Al-Qur’an digital untuk membantu kamu semakin rajin dalam beribadah," ujar Aryo Meidianto A, PR Manager for Reno A Series, Sabtu (1/5/2021).

Melalui ponsel cerdas, kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi bernuansa islami dari Google Play Store, sebagai contoh aplikasi Muslim Pro atau Umma yang membantu kamu membaca Al-Qur’an dengan mudah sambil menunggu waktu berbuka puasa. Namun saat membuka Al-Qur’an digital dan kajiannya di ponsel dalam waktu lama muncul kekhawatiran mata menjadi mudah lelah dan pedih. Penyebabnya adalah blue light atau cahaya biru yang dipancarkan dari layar smartphone dapat berdampak negatif pada mata dan kesehatan kita secara keseluruhan.

"Berbekal perangkat lini seri A terbaru, OPPO A54, kamu tidak perlu khawatir akan dampak cahaya ponsel terhadap mata. Layar perangkat OPPO A54 telah dilengkapi fitur Eye Comfort yang dapat mengurangi cahaya biru guna mencegah ketegangan pada mata. Fitur ini dapat diatur agar senantiasa menyala atau Always On, begitu pula dengan temperatur cahaya layar dapat disetel mulai dari Cool hingga Warm," ujarnya. 

Sementara fitur lainnya, Sunlight Screen akan menyesuaikan pengaturan kecerahan layar OPPO A54 hingga 14,5% saat berada di bawah sinar matahari. Fitur ini membantu tampilan teks dan aplikasi di layar tetap terlihat dengan jelas oleh mata. Sebaliknya, fitur Moonlight Screen akan mengurangi pancaran cahaya hingga 2 nits saat berada di lingkungan gelap agar tidak menyilaukan mata.

"Selain itu, OPPO A54 juga memberikan fitur berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yakni AI Smart Backlight. Fitur ini akan mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam tingkat kecerahan sehingga di lain waktu agar dapat mengatur secara otomatis,"katanya.(PR01)

Komentar Anda

Berita Terkini