-->

Moment Idul Fitri, Beberapa Langkah Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 di Rumah

HARIAN9 author photo

ist

MEDAN| H9
Suasana kebersamaan saat Hari Raya Idul Fitri terasa berbeda lantaran Pandemi COVID-19 masih melanda. Untuk itu, pemerintah mengimbau agar silaturahmi saat lebaran dilakukan melalui virtual agar meminimalisir penyebaran virus tersebut.

Hal serupa dilakukan oleh Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dokter Reisa Broto Asmoro. Melalui unggahan di akun instagram miliknya, mantan Juru Bicara Satgas COVID-19 itu mengingatkan beberapa langkah pencegahan utama terhadap penyebaran virus SARS-CoV-2 di rumah.

Dilansir dari viva,  Sabtu (15/5/2021) berikut imbauan dr. Reisa dikutip dari akun Instagram pribadinyanya @reisabrotoasmoro:

Masker dan Mencuci tangan
Saat di rumah, memakai masker tetap harus tepat agar menutupi segala jalan masuk virus. Serta, mencuci tangan dengan membawa selalu hand sanitizer dan hindari memegang area wajah.

"Pakai masker yang bener. Cuci Tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer. Jangan pegang-pegang area wajah dengan tangan yang belum pasti bersih," imbaunya.

Ventilasi
Selain itu, adanya ventilasi di dalam ruangan ternyata berperan cukup besar saat lebaran. Selain itu, durasi berkumpul juga perlu diperhatikan agar tak terbawa suasana.

"Pastikan ventilasi ruangan baik. Perhatikan durasi berada di ruang tertutup & ketika ngobrol sama orang jangan terlalu lama," paparnya.

Protokol kedatangan
Dokter Reisa menekankan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kedatangan saat tiba di rumah. Termasuk langsung mengganti baju bersih dan mandi.

"Sepatu di luar rumah, bersihkan barang bawaan, mandi & keramas, ganti baju bersih baru, sebelum ketemu anggota keluarga lain," tegasnya.

Namun, rutinitas seperti keramas setiap hari yang disarankan sesuai protokol kesehatan di masa pandemi sekarang ini dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan rapuh. Untuk itu, dianjurkan memakai serum rambut dari bahan alami yang kaya mineral seperti sunflower, green tea, argan, camellia, almond, seaweed, serta gingseng.

"Uji tes klinis terhadap fermented oil 7 Serum by Hairfood membuktikan kekuatan rambut (hair tensile) bertambah 24,3 persen setelah 4 minggu pemakaian. Wanginya yang unik dan lembut juga dapat memberikan efek relaksasi yang menyegarkan," ujar CEO Sinergia Group, Shierly Nangoy, dalam keterangan persnya.

Nutrisi seimbang
Seringkali saat lebaran, asupan makan tak mencakup gizi seimbang, khususnya sayur dan buah. Reisa mengingatkan agar masyarakat mengonsumsi makanan matang dan bergizi seimbang sesuai Isi Piringku.

"Utamakan makan ikan dan sayur-sayuran. Pastikan alat makan & piringnya semua bersih & steril," tuturnya.

Vaksinasi
Tidur yang cukup dengan kualitas baik juga dianjurkan agar memperkuat daya tahan tubuh. Serta, rutin berolahraga di rumah dan jemur setiap pagi untuk meningkatkan imunitas. Yang terpenting, vaksinasi tak boleh terlewatkan.

"Manfaatkan vaksinasi. Nggak usah kumpul-kumpul dulu meski dengan sahabat atau saudara. Bukan saatnya lengah dan menyepelekan. Saatnya kita makin serius dan disiplin protokol kesehatan. Bukan lagi saatnya main-main & ambil resiko," jelasnya.**

Komentar Anda

Berita Terkini