-->

Operasi Yustisi di Tapanuli Selatan Kedepankan Penegakan Hukum Prokes

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL|H9
Operasi Yustisi yang digelar di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan, kedepankan penegakan hukum Protokol Kesehatan (Prokes) di Jalan Lintas Sumatera, Desa Pargarutan Jae Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan, Minggu (2/5/2021).

Operasi Yustisi dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum Prokes, dipimpin Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK,MH, diwakili Perwira Pengawas (Pawas) AKP. Sumanto Naibaho  dengan Perwira Pengendali (Padal) Kanit Reg Ident Sat Lantas  Polres Tapanuli Selatan Iptu. Tongan Siregar, SH, Iptu Alpian Sitepu, dan KBO Sat Narkoba Polres Tapanuli Selatan Ipda. Ahmad Juli Nasution, SH, serta melibatkan 15 personil dari Pokres dan Pemkab Tapanuli Selatan.

Operasi Yustisi juga memberikan hukuman dan tindakan terhadap 90 orang pelanggar Prokes, terdiri dari 60 pekanggar diberi teguran lisan dan 90 pelanggar diberi teguran tertulis, serta dilakukan pembagian masker sebanyak 20 pcs kepada warga maupun pengguna halan yang kedapatan tidak gunakan masker.

Padal Iptu. Tongan Siregar, SH yang memimpin apel keberangkatan personil untuk melaksanakan Operasi Yustisi berpesan agar dalam pelaksanaan kegiatan personil tetap menampilkan sikap yang humanis yaitu Senyum, Sapa dan Salam (3S) dan setiap personil juga dapat menjaga keselamatannya masing-masing. 

" Dalam Operasi Yustisi ini, pelanggar Prokes yang terjaring adalah masyarakat umum yaitu pejalan kaki, pengendara bermotor yang tidak memakai masker. Selanjutnya, pelanggar diberikan sanksi berupa teguran tertulis dan lisan, " ujar Tongan

Disebutkannya, kegiatan yang dilaksanakan secara rutin tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi Prokes di masa pandemi Covid-19, sekaligus menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan. 

" Dari kegiatan tersebut, sebagian dari masyarakat di Desa Pargarutan Jae Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan sudah menyadari akan pentingnya mematuhi Prokes guna mencegah penyebaran Covid-19 dan selama pelaksanaan Operasi Yustisi, personil tetap memperhatikan Prokes seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M), " terangnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini