Pemko dan Polres Padangsidimpuan Gelar Rakor Pelaksanaan Program Vaksinasi Massal Lansia

HARIAN9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) Covid-19 Kota Padangsidimpuan terdiri dari jajaran Pemerintah Kota (Pemko) dan Polres Padangsidimpuan dan TNI, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan secara massal untuk kalangan lanjut usia (Lansia) di aula Mapolres Padangsidimpuan, Jumat (21/5/2021).

 
Rakor yang berlangsung dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), dipimpin Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH selaku Wakil Ketua TGPP Covid-19 Kota Padangsidimpuan, dihadiri Walikota Padangsidimpuan diwakili Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, Ketua PN Padangsidimpuan, Dandim 0212/Tapsel diwakili Dan Ramil Kota Padangsidimpuan Kapten Inf. B Hutabarat, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sofyan Subri Lubis, SKM, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Arpan Harapan Siregar, para Camat dan Kepala Pukesmas se Kota Padangsidimpuan.
 
Dikumpulkannya TGPP Covid-19 bersama para Camat, Kapuskesmas dan Kapustu se Kota Padangsidimpuan, dalam rangka pelaksanaan program vaksinasi massal bagi lanjut usia (Lansia) di Kota Padangsidimpuan guna mencegah penyebaran Covid-19.
 
Usai menggelar rakor, Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH, mengatakan, Polres Padangsidimpuan mendukung sepenuhnya untuk mensukseskan kegiatan vaksinasi massal untuk Lansia ini yang dilaksanakan pada Selasa 25 Mei 2021 di gedung Sari Putra Padangsidimpuan.
 
“ Polres Padangsidimpuan siap mendukung siap mengkawal dan siap mengamankan kegiatan vaksinasi massal untuk Lansia dan saya telah perintahkan para Kapolsek untuk bekerjasama dengan Forkopimcam untuk mendorong mendapatkan pasien-pasien Lansia di wilayah hukum masing-masing untuk dilakukan vaksinasi, “ ujar AKBP. Juli.
 
Menurutnya, dalam kegiatan tersebut, Polres Padangsidimpuan akan menurunkan 25 personil dengan mengambil peran mulai dari mobilisasi antar jemput para pasien Lansia dan pengaturan mobilisasi, bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan.
 
“ Dalam kegiatan ini juga, kita tetap mempedomani Protokol Kesehatan (Prokes) agar tidak terjadi kerumunan massa, sehingga apa yang jadi capaian untuk memutuis mata rantai penanganan Covid-19 bisa terlaksana, “ ujar Kapolres.
 
Sementara Kadis Kesehatan Kota Padangsidimpuan Sofyan Subri Lubis, SKM menyampaikan, tujuan dari Rakor tersebut untuk persiapan pelaksanaan vaksinansi yang direncanakan berlangsung secara bertahap yang akan berlangsung di gedung pendidikan Sari Putra Kota Padangsidimpuan.
 
Disebutkannya sasaran yang akan di vaksinansi sebanyak 1000 orang Lansia se Kota Padangsidimpuan dengan melibatkan 13 tim medis yang tergetnya selesai dalam satu hari pelaksaana secara bertahap untuk mengindari kerumunan.
 
“ Sasaran vaksinansi untuk para guru dan Lansia dengan usia di atas 60 tahun ke atas dengan jenis vaksin Sinovac sebanyak 130 vial untuk sasaran 1300 orang dan tentunya dalam menangani pandemi ini diperlukan kerja keras dari semua elemen dan kita dari pemerintah harus jemput bola untuk vaksin bagi lansia, “ terang Sofyan Subri. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini