Persiapan Pamtas RI-PNG, Prajurit Yon 123 Rajawali Jalani Tes Psikologi

HARIAN9 author photo

 

PADANGSIDIMPUAN|H9
Dalam rangka persiapan pelaksanaan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia - Papua New Guinea (RI-PNG) sektor Selatan wilayah Merauke Propinsi Papua Tahun Anggaran (TA) 2021, prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 123 Rajawali mengikuti test psikologi berlangsung di Markas Yonif 123 Rajawali Jalan Imam Bonjol Padangsidimpuan, Rabu (26/5/2021).

Tes psikologi tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, berlangsung selama 4 hari (25 s/d 28 Mei 2021), diikuti sebanyak 495  prajurit, dilaksanakan oleh tim dari Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad), dipimpin Letkol Inf Ibrahim Harahap dibantu 4 personil Dispsiad, disaksikan Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 123 Rajawali Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban.

Adapun pemeriksaan psikologi yang dilakukan, meliputi psikologi umum dan psikologi lapangan, yang bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologi masing-masing prajurit, sehingga dapat dinyatakan siap untuk melaksanakan penugasan ataupun tidak.

Sebelum pelaksanaan tes, Letkol Inf Ibrahim Harahap menekankan agar para prajurit mengikuti arahan dan petunjuk dari tim psikologi agar tidak melakukan kesalahan yang fatal dalam mengerjakan persoalan-persoalan yang diberikan oleh tim.

" Kegiatan tes psikologi merupakan program dari Komando atas kepada para prajurit yang akan melaksanakan tugas operasi. Pelaksanaan tes ini untuk mengetahui mental dan kejiwaan prajurit itu sendiri didalam kesiapan melaksanakan tugas nantinya, " ujar Letkol Ibrahim.

Sementara itu, Danyonif 123 Rajawali Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban menekankan kepada seluruh anggota yang mengikuti test psikologi agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti rangkaian test agar hasilnya dapat dicapai dengan maksimal. 

Kegiatan pemeriksaan psikologi tidak hanya dilakukan kepada prajurit yang akan melaksanakan operasi saja. Namun prajurit yang Korum dan anggota Persatuan Istri Prajurit (Persit) yang suaminya berangkat juga akan dilaksanakan pemeriksaan psikologi, " ujar Letkol Goklas. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini