-->

Sat Sabhara Polres Palas Musnahkan Barang Bukti Miras Hasil Tipiring

HARIAN9 author photo


 PALAS|H9
Sat Sabhara, Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi  Sumatera Utara (Sumut), bersama Pemkab Palas melakukan kegiatan pemusnahan barang bukti berupa minumas keras dari hasil kegiatan Tindak Pidana Ringan (Tipiring)  karena telah melanggar  Pasal 3 Peraturan Daerah Kabupaten Padang Lawas Nomor 07 Tahun 2015 tentang Pengendalian, Pengawasan dan Penertiban Minuman Beralkohol.

Kegiatan pemusnahan tersebut dipimpin langsung Kasaat Sabhara AKP Muhammad Husni Yusuf, bersama personel Sabhara dilokasi Lapangan Mapolres Palas Kabupaten Palas., Rabu (05/042021) yang dimulai sejak pukul 10.00 wib pagi sampai selesai.

Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito, SIK,. melalui Kasat Sabhara AKP Muhammad Husni Yusuf,. mengatakan bahwa barang bukti miras yang dimusnahkan hari ini merupakan hasil kegiatan cipta kondisi Sat Sabhara Polres Palas terkait Tindak Pidana Ringan (Tipiring) beberapa waktu lalu akibat melanggar Perda nomor 07 tahun 2015 tersebut diatas.

Sebelumnya, barang tersebut disita dari warga masyarakat palas yang telah melanggar peraturan daerah tersebut.

“Miras tersebut berhasil kami amankan berkat informasi dari masyarakat tentang adanya transaksi jual beli minuman beralkohol tanpa memiliki izin resmi,” ucap Kasat Sabhara Polres Palas.

Selanjutnya barang tersebut diamankan di Polres Palas dan pemilik minuman keras kami proses dengan diajukan sidang Tindak Pidana Ringan di Pengadilan Negeri Kabupaten Palas.

“Sesuai dengan hasil keputusan sidang di Pengadilan Negeri Sibuhuan bahwa tersangka dinyatakan bersalah dan di hukum satu sampai tiga bulan kurungan serta menetapkan barang bukti miras untuk dimusnahkan” sebut AKP Muhammad Husni Yusuf, selaku Kasat Sabhara Di Polres Palas.

Kasat Sabhara juga menambahkan bahwa kegiatan pemusnahan miras ini merupakan implementasi dari program Kapolri dalam hal pemeliharaan kamtibmas. Salah satunya dengan pemberantasan segala bentuk penyakit masyarakat termasuk salah satunya tentang peredaran miras.

Adapun jumlah Barang Bukti yang dimusnakan sebanyak 175 Derigen berisikan Tuak, 50 derigen kosong bekas tuak, dan 17 Kotak Tuak Nias, Pungkas Kasat Sabhara Di Polres Palas, AKP Muhammad Husni Yusuf.

Sementara itu, Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Palas Alhamidi Hasibuan, S.Sos didampingi Kabid Ops Khairuddin Siregar menbahkan lebih lanjut, hasil dari Operasi Pekat ini sebagai wujud nyata jajaran Polres Palas dan Pemkab Palas demi menciptakan dan mempertahankan situasi yang aman, nyaman dan tertib. Adapun kegiatan pemusnahan  miras dimana yang telah dimusnahkan sebanyak yang sudah disebutkan diatas

"Peredaran minuman keras merupakan salah satu kejahatan yang marak terjadi dan menjadi salah satu pemicu adanya gangguan kamtibmas dan menimbulkan kejahatan yang lainnya oleh karena itu jajaran Polres Palas bersama Pemkab Palas tak henti-hentinya terus melakukan operasi untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di wilayah Kabupaten Padang Lawas," Jelas Kkairuddin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Palas, AKBP Jarot Yusviq Andito, SIK, Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap, Wabup Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, Kejari Palas, Ketua PN Palas, Ketua MUI Palas, Pabung Palas, Kodim 0212/TS, Ketua, Wakil Ketua DPRD Palas, Unsur Forkopimda serta tamu undangan lainnya. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini