-->

Sebelum Ikut Tes Komponen Cadangan, Pemuda di Lamongan Digembleng Kasdim

HARIAN9 author photo

LAMONGAN| H9
Pihak Kementerian Pertahanan sebelumnya telah membuka pendaftaran komponen cadangan yang ditujukan bagi masyarakat.
        
Sontak, pembukaan pendaftaran itupun disambut antusias oleh banyak masyarakat, terlebih para pemuda.
         
Seperti di daerah Kodim 0812/Lamongan saat ini, Senin (31/5). 

Puluhan remaja dari berbagai Desa di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, bertekad untuk mendaftarkan diri ke Makodim setempat.
        
Namun demikian, terdapat beberapa proses yang harus dilewati sebelum para remaja itu mendaftarkan dirinya untuk bergabung menjadi Komponen Cadangan, salah satunya pembekalan dari pihak Kodim yang diberikan langsung oleh Kepala Staf Kodim, Mayor Arh G. N, Putu Ardana.
        
“Komcad disiapkan untuk melawan ketika suatu negara memobilisasi perang total atau untuk pertahanan negara dari invasi musuh. Umumnya, tidak dianggap sebagai bagian dari suatu badan yang berdiri permanen,” jelasnya.
        
“Keberadaan Komcad memungkinkan suaut negara untuk mengurangi anggaran militer pada masa damai, dan disiapkan untuk perang,” imbuh Kasdim.
        
Adanya seleksi pada tingkat Kodim, kata Ardana, diharapkan bisa memberikan suatu motivasi ataupun semangat juang dan bela negara bagi para peserta Komcad.
        
“Dan pastinya, kita berikan pengetahuan ke para remaja ini agar bisa meningkatkan rasa kecintaannya pada NKRI,” tegasnya.
Komentar Anda

Berita Terkini