Vaksinasi Massal Lansia Di Kabupaten Paluta Berlangsung Lancar Dan Kondusif

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Sebagai upaya dan langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengadakan vaksinasi massal untuk warga lanjut usia, Kamis (27/05).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal yang dipusatkan di aula serbaguna kantor Bupati Paluta tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Paluta H Hariro Harahap SE MSi serta dihadiri oleh Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, Kepala Dinkes dr Sri Prihatin Harahap MKes, Kabag Ren Polres Tapsel Kompol Gamal, kepala BPBD Paluta Khairul Harahap, Forkopimda, pimpinan OPD, camat beserta undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi yang disampaikan oleh Wabup H Hariro Harahap SE MSi menyebutkan bahwa ada rasa syukur yang cukup besar atas pelaksanaan pencanangan vaksinasi massal untuk 2000 lansia sekaligus memperingati hari lanjut usia nasional ke-25 yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2021 meskipun bangsa sedang dilanda pandemi seperti saat ini.

Dikatakannya, masa lansia adalah periode dimana segala fungsi motorik, sensorik dan mental mulai menurun sehingga kondisi dimana sebagian besar memerlukan bantuan dan pertolongan irang lain yang lebih prima.

“Karena itu, untuk kaum muda agar dapat memanfaatkan kondisi saat ini untuk mempersiapkan diri memasuki masa lansia dengan menerapkan pola hidup yang baik serta senantiasa tetap menghormati para lansia dengan sikap menghargai dan membantu dalam segala kondisi dan keadaan,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini hampir seluruh wilayah negara Indonesia sedang dilanda pandemi virus yang sangat berbahaya bagi kehidupan umat manusia terlebih bagi para lansia.

Disebutkannya, banyak ahli yang mengatakan bahwa kelompok umur diatas 60 tahun (lansia) lebih rentan terkena Covid-19 yang disebabkan karena lansia telah mengalami penurunan akibat proses penuaan serta sistem imun sebagai pelindung tubuh pada lansia tudak dapat bekerja dengan maksimal layaknya masih muda.

“Atas dasar itu, dalam mengisi peringatan hari lansia ke 25 tahun 2021, kabupaten Paluta dan jajaran Polres Tapanuli Selatan melaksanakan vaksinasi massal untuk 2000 lansia,” sebutnya.

Untuk itu, ia mengajak seluruh pihak masyarakat untuk saling membantu, memberikan dukungan vaksinasi massal lansia untuk memutus mata rantai penularan wabah Pandemi Covid-19.

“Selamat hari Lansia nasional ke 25 dan dengan pelaksanaan vaksinasi massal, ayo lindungi lansia dari bahaya Covid-19,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap MKes menyebutkan bahwa pelaksanaan pencanangan vaksinasi massal lansia ini di inisiasi oleh Jajaran Polda Sumatera Utara bersama pihak Pemkab yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Tapanuli Bagian Selatan.

Lanjutnya, untuk wilayah kabupaten Paluta dilaksanakan secara serentak di 17 unit puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Paluta.

“Vaksinasi massal lansia ini di inisiasi oleh bapak Kapolda Sumut dan jajarannya. Untuk kabupaten Paluta kita mencanangkan vaksinasi untuk 2000 orang lansia yang kita bagi di 17 Puskesmas yang ada di kabupaten Paluta,” jelasnya.

Dan untuk wilayah Puskesmas Gunungtua dipusatkan di aula serbaguna kantor Bupati Paluta yang akan menyasar 400 orang lansia dan akan dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 27-28 Mei.

Pantauan, warga dari kalangan lansia cukup cukup antusias dalam mengikuti pelaksanaan vaksinasi massal lansia yang berjalan lancar dan kondusif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.(WD009)

Komentar Anda

Berita Terkini