-->

Aparatur Desa Diminta Lebih Kreatif dan Inovatif Dalam Mendukung Kinerja Kades

HARIAN9 author photo


 TAPSEL| H9
Aparatur Desa diharapkan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mendukung kinerja Kepala Desa (Kades) dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi khususnya di bidang pengoperasian komputer. Karena pekerjaan sekarang tidak terlepas dari alat-alat yang sifatnya mempermudah tugas tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt MM, saat menghadiri acara pembekalan Perangkat Desa se-Kecamatan Muara Batangtoru, KabupatenTapsel, di aula Kantor Camat setempat, Senin (7/6/2021).

Kegiatan dihadiri Kadis Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapsel, Muhammad Yusuf, Kadis Pariwisata Abdul Saftar Harahap, Kadis Sosial Nurdin Pane Camat Muara Batangtoru Abdul Gani Lingga, Lurah dan Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Muara Batangtoru.

" Sebagai aparatur yang memiliki tugas pokok masing-masing (topoksi) nya, Perangkat Desa agar menyusun administrasi Desa, dengan mengisi dua puluh delapan jenis buku Administrasi Desa, " ujar Dolly.

Dalam menyahuti laporan Kepala Dinas Ketenagakerjaan bersama Staf BPJS Ketenagakerjaan, Bupati mengaku miris saat mendengar masih adanya para Kepala Desa yang menunda pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan Perangkat Desa nya. Sebab, menurut Bupati jaminan BPJS Ketenagakerjaan itu merupakan hak dari Perangkat Desa.

" Padahal, anggaran untuk membayar iuran itu ada dan sudah dianggarkan dari Dana Desa (DD). Kita tidak mengetahui kapan sakit, cacat tetap akibat kecelakaan, bahkan meninggal dunia bisa terjadi. Tapi dengan iuran yang secara teratur kita bayarkan ke BPJS Ketenagakerjaan, maka santunan akan diberikan kepada ahli waris seandainya musibah tersebut terjadi. Alangkah sedihnya apabila Aparat Desa tidak menerima hak mereka, dikarenakan kelalaian dalam penyetoran iuran, " terang Bupati.

Bupati juga berpesan agar para perangkat desa bisa menjadi contoh dan Kepala Desa/lurah sebagai motor dalam mensosialisasikan ke masyarakat untuk lebih mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), guna memcegah penyebaran Covid-19.

" Yang penting, diingatkan ke masyarakat supaya disiplin untuk menggunakan masker. Kemudian, sering cuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun. Yang memiliki hand sanitizer, agar dipakai. Seterusnya, jaga jarak. Kalau tak perlu kali berkerumun ataupun berkumpul, tundalah dulu, " tegasnya.

Bupati juga meminta kepada Perangkat Desa agar menampilkan papan informasi sehingga masyarakat lebih mudah dalam mengurus berbagai macam hal di kantor pemerintahan Kabupaten Tapsel sampai tingkat Desa dan Kelurahan dan ditampikan dengan menarik dan informatif demi kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi.

" Masyarakat harus menerima informasi dengan benar, ketika mereka ingin mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan, mereka (masyarakat) dapat mengetahui apa saja persyaratannya, berapa lama proses dan pengerjaannya, berapa biaya yang resmi. Semua informasi ini harus diketahui masyarakat, sehingga masyarakat akan senang jika pelayanan kita sesuai dengan informasi yang mereka terima, " terangnya.

Sebelumnya, Kadis Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapsel, Muhammad Yusuf, menyampaikan, kegiatan pembekalan Perangkat Desa ini akan dilaksanakan di 15 kecamatan dan kegiatan ini dilakukan agar para perangkat desa mengetahui apa tugas-tugasnya ke depan, mengingat, tantangan tugas bagi para aparatur desa di kemudian hari akan semakin berat.

" Perlu ada penguatan-penguatan kepada kita semua sehingga pelaksanaan dari pemerintahan desa ke depan, betul-betul bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Kiranya, nanti akan tercipta kesejahteraan masyarakat lewat kemandirian di desa, " ungkap Yusuf. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini