BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan Program Perlindungan pada Wartawan Aceh Tamiang

HARIAN9 author photo


ACEH TAMIANG| H9 
Para Wartawan Aceh Tamiang secara resmi menerima arahan tentang program jaminan sosial Ketenagakerjaan melalui acara sosialisasi, kegiatan berlangsung di Aula Dinas Kominfo Aceh Tamiang pada Jumat (25/06/2021). 

Dalam kesempatan tersebut, Amnurdani Ketua Koperasi Berkah Wartawan Indonesia menyampaikan, kegiatan para Jurnalis yang tak kenal waktu dan tempat, menjadikan sebuah resiko besar bagi keselamatannya dalam bekerja dan untuk itu perlu diberikan perlindungan diri, agar sedikit mengurangi beban,"jelasnya.

"Program perlindungan jaminan sosial tenaga kerja atau yang lebih dikenal dengan nama BPJS ketenagakerjaan merupakan bagian paling tepat untuk para wartawan di Aceh Tamiang. 

Amnurdani menambahkan, usai sosialisasi tentang BPJS ketenagakerjaan, nantinya akan dicarikan formula yang bagus, agar para Wartawan bisa digratiskan dalam pembayaran iuranya,"ungkapnya.

Kesempatan selanjutnya, Sugianto kepala bidang kepersertaan BPJS menyampaikan, ada tiga paket yang kita kenal dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT),"jelasnya.

"JKK merupakan perlindungan dari resiko kecelakaan kerja yang dapat dialami oleh pekerja pada saat bekerja. Manfaat yang diberikan berupa uang tunai dan atau pelayanan kesehatan pada saat Peserta mengalami kecelakaan kerja, dimulai perjalanan dari rumah menuju tempat kerja dan sebaliknya, atau penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja. 

"JKM diberikan karena meninggal dunia akibat kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. Program ini memberikan manfaat kepada keluarga pekerja berupa santunan kematian sebesar Rp. 20.000.000, santunan berkala Rp. 12.000.000, biaya pemakaman Rp. 10.000.000 dan beasiswa pendidikan untuk dua orang anak yang telah memiliki masa iur tiga tahun. 

"JHT adalah manfaat uang tunai yang diberikan ketika peserta mencapai usia 56 tahun, cacat total tetap, meninggal dunia, berhenti kerja, mengundurkan diri dari kepesertaan. 

Sugianto menambahkan, program jaminan sosial ini akan sangat bermanfaat nantinya, dan diharapkan para wartawan dapat mengambil hikmah dari kegiatan sosialisasi ini,"ungkapnya.

Selain para Wartawan, team BPJS, turut hadir dari pihak Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tamiang. (WD-013). 
Komentar Anda

Berita Terkini