-->

Dalam Situasi Pandemi, Babinsa Tekankan Peternak Ayam Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan

HARIAN9 author photo


 SAMBAS| H9
Dalam rangka meminimalisir pencemaran lingkungan dan membantu program pemerintah dengan ketahananan pangan di bidang peternakan, Babinsa Koramil 1208-03/Tebas Serda Abd. Wahkid melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama pemilik peternakan ayam yang bertempat di Rt 019/Rw 001 Desa Tekarang, Kecamatan Tekarang, Kabupaten Sambas, Selasa (01/06/2021).

Dalam keterangannya yang disampaikan ke awak media Babinsa Serda Abd. Wahkid menyampaikan bahwa tidak hanya manusia saja yang menginginkan rumah yang nyaman, kesehatan kandang ayam juga harus dibuat nyaman agar ayam tidak stress dan dapat berproduksi dengan optimal," ucapnya. 

Lanjut Babinsa mengatakan, kenyamanan kandang didapatkan ayam dari ketepatan pengaturan suhu dan kualitas udara, kelembapan, cahaya yang masuk, ketersediaan air dan pakan, serta segala jenis keamanan yang dapat menghindari ayam dari bahaya utama yang dapat mengancam kelangsungan hidup ayam, sehingga dapat menghasilkan produksi yang berkualitas dan melimpah. 

Bapak Bujang peternak ayam mengatakan budidaya ayam potong sebenarnya bisa di bilang susah-susah gampang karena kandang tidak boleh berada di lokasi pemukiman. "Peternak harus ulet dalam penanganannya serta ayam tidak bisa kena stress," ujarnya. 

"Kepedulian Bapak Babinsa terhadap kesulitan masyarakat yang berada di wilayah yaitu kampung kami untuk membantu dan mengingatkan warga akan kebersihan lingkungan dapat meningkatkan penghasilan kualitas ternak ayam," tambahnya. 

Di tempat terpisah Letnan Dua Inf Samikun Danramil 1208-03/Tebas menuturkan bahwa dalam upaya meminimalisir pencemaran lingkungan dan membantu program pemerintah dengan ketahananan pangan di bidang peternakan, Babinsa harus bisa mengajak dan menekankan kepada peternak akan wajibnya memberikan rasa kenyamanan bagi lingkungan sekitar. 

"Tidak hanya menekankan tentang kebersihan, sinergitas antara TNI dan Rakyat harus tetap selalu terjaga," tegasnya. 
Komentar Anda

Berita Terkini