Desa Bandar Pulau Pekan Asahan Gencar Lakukan Sosialisasi Vaksinasi Covid

HARIAN9 author photo


KISARAN|H9
Desa Bandar Pulau Pekan Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan gencar lakukan sosialisasi vaksinasi COVID-19 ke warga terutama untuk lansia dan terlebih penerima Bantuan PKH, guna mendukung pemerintah daerah dalam menyukseskan vaksinasi massal di wilayah Kabupaten Asahan.

"Kami tidak hanya memberikan layanan pemeriksaan dan pengobatan gratis, tetapi juga mengedukasi warga desa  tentang pentingnya vaksinasi COVID-19 ini," kata Dokter Supi,Jumat 18/06/2021.

Dokte Supi juga mengatakan kegiatan sosialisasi vaksinasi COVID-19 kepada warga desa  ini sangat penting, mengingat akses informasi dan kesehatan di desa-desa terpencil kurang dan kesadaran warga untuk mendatangi serta memeriksakan kesehatan ke puskesmas juga rendah.

"Masih banyak warga khususnya lansia yang tidak mengetahui manfaat dari pemberian vaksin ini, sehingga diperlukan upaya dalam meningkatkan pemahaman warga Desa," katanya.

Oleh karena itu, kata dia saat ini program layanan mobil sehat ini lebih difokuskan ke desa-desa terpencil, karena akses pusat kesehatan yang jauh dan belum memadai sehingga warga semakin malas untuk memeriksakan kesehatannya.

Kades Bandar Pulau Pekan Azaswanto Bsc mengatakan "Dalam Minggu kita akan melakukan vaksinasi massal bekerjasama dengan Polres Asahan yang akan di pusatkan di Lapangan PTPN3 Bandar Selamat. untuk itu mari kita semua untuk mengajak dan menghimbau seluruh warga agar dapat mengikuti vaksin massal ini"ucap Kades

Koordinator PKH Kecamatan Bandar Pulau Fasilah Samosir mengatakan "vaksinasi ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat dari virus corona".Beliau berharap kepada warga Desa Bandar Pulau Pekan terkhusus Penerima PKH untuk mengikuti Vaksin Massal ini.

Menurut dia meskipun vaksinasi COVID-19 sudah diberikan, bukan berarti boleh mengabaikan protokol kesehatan. Vaksinasi COVID-19, protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan serta 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment merupakan satu rangkaian utuh yang tidak terpisahkan.

"Bagaimana pun tetap harus menjaga diri dari potensi terpapar COVID-19 dan kemungkinan virus ini telah beradaptasi atau bermutasi. Di  Kecamatan Bandar Pulau , saat ini penularannya tidak lagi didominasi oleh kasus impor, namun sudah terjadi kasus transmisi lokal," demikian kata Fasila Samosir.(WD032).
Komentar Anda

Berita Terkini