Di Masa Pandemi Covid-19, Sektor Pertanian Tapsel Diprioritaskan

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL|H9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Sekatan (Tapsel) saat ini tengah memprioritaskan pembangunan di sektor pertanian guna mendukung Ketahanan Pangan Nasional (Ketapangnas). Program prioritas di sektor pertanian itu pula, untuk menjadi rumusan untuk pembangunan Tapsel ke depan.

Hal itu disampaikan Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu, SPt MM, saat menghadiri panen perdana bawang merah binaan Karang Taruna Tapsel di Desa Sugi, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapsel, Jumat (11/6/2021).

Panen perdana bawang merah dihadiri perwakilan Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, mewakili Kadis Sosial, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar Kepala Desa Sugi dan Kelompok Tani Karang Taruna Desa Sugi.

Bupati menyebutkan, panen perdana bawang merah kali ini, dapat memberikan edukasi, motivasi, serta inovasi ke pemuda Karang Taruna di bidang pertanian, sekaligus bisa mengembangkan potensi sumber daya alam di desa, dengan didukung sumber daya manusia pembangun dan mempunyai semangat kreativitas, inovasi dan berjiwa entrepreneur.

" Sejak mewabahnya Covid-19 di negara kita, sektor yang justru bertahan bahkan maju yakni sektor pertanian. Setelah mendalami dan melihat potensi Tapsel, maka prioritas ke depan adalah membangun sektor pertanian, " ujar Bupati, 

Bupati juga mengaku bahea Pemerintah Propinsi Sumatera Utara selalu menekankan bahwa tanaman yang perlu dibudidayakan di Tapsel yakni bawang putih, cabe merah, cabe hijau, dan bawang merah, seperti yang kita lakukan panen perdana pada hari ini.

" Saya turut bangga kepada kawan-kawan Karang Taruna yang ikut mempelopori apa yang menjadi harapan kami. Semoga produk pertanian kita, bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Tapsel dan dapat bersaing baik ditingkat Kabupaten, Provinsi, bahkan Nasional, " katanya.

Ia berharap, seusai panen perdana, agar penanaman bawang merah ke depan dapat terus dikembangkan, agar dapat memenuhi kebutuhan lokal dan bila perlu, bisa diekspor ke luar negeri. Tanaman bawang merah juga, menurut Bupati sejalan dengan apa yang kerap ditekankan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

" Tak lupa, saya mengucapkan terima kasih atas semangat segenap pengurus Karang Taruna Tapsel maupun Kepala Desa Sugi yang telah membantu dan menyediakan lahan untuk dikelola. Kiranya, budidaya tanaman bawang merah tersebut dapat terus berlanjut, " tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Tapsel, Bangun Ritonga, menyampaikan bahwa, program budidaya usaha ekonomi produktif bawang merah usaha itu merupakan Karang Taruna binaan dari Karang Taruna Tapsel. Sebab, sejak 3 April 2021 lalu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Marancar telah programkan penanaman budidaya bawang merah dan program tersebut telah disinkronkan dengan program Karang Taruna Kabupaten Tapsel.

" Adapun alokasi dana tersebut berasal dari dana hibah Karang Taruna Tapsel. Sedangkan lahan budidaya tanaman bawang merah itu merupakan lahan pinjam pakai dari tanah Kepala Desa Sugi dengan luas sekitar setengah hektar, " terang Bangun. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini