Diduga Premanisme , Delapan Pelaku Asal Palas Ditindak Polisi

HARIAN9 author photo
 

PALAS| H9
Sejumlah preman yang selama ini meresahkan warga Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berhasil diamankan polisi. Sabtu, (11/06/2021). Sebanyak delapan orang preman yang berhasil diamankan oleh petugas keamanan di sejumlah lokasi berbeda di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Palas.
Ke Delapan premanisme dan pungli (Pungutan Liar) yang berhasil diamankan yakni berinisial WH, (25), dengan status Tidak bekerja, beralamat di Desa Pasar Binanga, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas, US alias UCOK, (30), bekerja sebagai Swasta warga dari Desa Pasar Binanga,  Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas., IB, (21), statusTidak bekerja, warga dari Desa Mananti, Kecamatan Huragi,  Kabupaten Palas, MM, (19), bekerja sebagai Swasta, warga Desa Panyabungan Kecamatan Hutara Tinggi (Huragi), Kabupaten Padang Lawas.
Selanjutnya RN, (41), satatus Tidak bekerja,  warga Desa Mananti Kecamatan Huragi Kabupaten Palas, JH,  (35), bersatatus sebagai Swasta, beralamat Desa Sigala - Gala Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, SL, (26), Bekerja sebagai Juru Parkir, beralamat Desa Gelanggang, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, dan RH, (32),  bekerja sebagai Juru Parkir,  beralamat  Desa Banjar Kuliling,  Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas.
Polisi juga mengamankan barang bukti yang disita dari pelaku berupa uang sebesar Rp. 10.000,00. (Sepuluh Ribu Rupiah).
x
Penindakan ini merupakan tindaklanjut dari perintah Kapolri Jenderal Pol. Lisyo Sigit Prabowo untuk fokus melaksanakan pemberantasan premanisme yang melakukan pungli, pemerasan dan pemalakan terhadap masyarakat.
Penindakan terhadap medelapan orang ini, yang berada di lokasi pusat pasar Binanga, Kecamatan Barumun Tengah dan Pasar Panyabungan, Kecamatan Hutaraja Tinggi, dan pasar sibuhuan.
Kapolres Palas, AKBP Jarot Yusviq Andito, SIK melalui Kabag Ops, Kompol Aswin Noor Nasution didampingi Kasat Reskrim, AKP Aman Putra B. SH, mengatakan, hari ini ada delapan pelaku yang diduga melakukan pungli di jalanan yang telah ditindak sesuai aturan hukum.
Kedelapan orang tersebut, diduga melakukan pungli di jalan, sehingga Satreskrim dan jajaran mengamankan para pelaku. kata Kabag Ops Polres Palas, Kompol Aswin Noor Nasution.
"Jika terbukti melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan memenuhi unsur alat bukti, akan dinaikkan ke sidik dan dilakukan penahanan sesuai ketentuan hukum," terang Kompol Aswin Noor Nasution.
Untuk itu, masyarakat diminta kerjasama untuk melaporkan ke pihak kepolisian terdekat jika mengetahui dan melihat adanya aksi premanisme."Polres Padanglawas terus prioritaskan pemberantasan aksi premanisme yang melakukan pungli, pemerasan serta pemalakan yang menimbulkan keresahan terhadap masyarakat," tegas Kabag Ops Polres Palas.
Kata Kabag Ops Polres Palas, kedelapan para pelaku yang diduga melakukan pungli di jalanan, dilakukan klarifikasi. Jika terbukti adanya aksi premanisme dan pungli, langsung menjalani proses pemeriksaan dan penindakan atas perbuatannya."Apabila tidak terpenuhi unsur alat bukti dan lainnya, terhadap para pelaku dilakukan pembinaan dan wajib lapor". Pungkas Kabag Ops Polres Palas, Kompol Aswin Noor Nasution didampingi Kasat Reskrim Polres Palas, AKP Aman Putra B. SH. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini