NBT


DPRD Padangsidimpuan Gelar Paripurna Jawaban Eksekutif Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap LKPJ Walikota Tahun 2020

HARIAN9 author photo
 

PADANGSIDIMPUAN| H9

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuuan menggelar Rapat Paripurna beragendakan jawaban Eksekutif terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Pangsidimpuan atas Laporan Keuangan dan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Padangsidimpuan Tahun Anggaran (TA) 2020,  di gedung Dewan setempat, Selasa (22/6/2021).

 
Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Siwan Siswanto, SH didampingi Wakil Ketua H. Erwin Nasution, SH, MH, anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar, MM, Forkopimda Kota Padangsidimpuan, Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe, SKM, M. Kes, Sekretaris DPRD Irfan Bakhri, para Asisten, pimpinan OPD serta para Camat di lingkungan Pemko Padangsidimpuan.
 
Sebelum rapat Paripurna di mulai, diawali dengan dengan penyampaian laporan kehadiran anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, yang dibacakan Sekretaris DPRD Kota Padangsidimpuan Irfan Bakhri, S.Sos.
 
Dalam hal ini, Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM, secara langsung menjawab pandangan umum fraksi-fraksi dan kepada seluruh fraksi DPRD Kota Padangsidimpuan, Wakil Walikota juga menyampaikan apresiasi atas upaya meningkatkan kemajuan Kota Padangsidimpuan yang merupakan wujud sinergitas dan kesungguhan bersama.
 
“ Selanjutnya, terhadap saran-saran dan masukan yang konstruktif dari semua Fraksi DPRD Kota Padangsidimpuan atas LKPJ Walikota Jambi tahun 2020, kami ucapkan terima kasih dan akan menjadi perhatian dalam mengoptimalkan hasil dan capaian pembangunan kedepannya, ”  ujar Wakil Walikota.
 
Menjawab pandangan umum yang disampaikan oleh Fraksi Gabungan Persatuan Bintang Kebangkitan, Wakil Walikota mengucapkan rasa terimakasih atas apresiasi Fraksi Gabungan Persatuan Bintang Kebangkitan, terhadap opini hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Utara atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) laporan keuangan Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan tahun 2020 yang telah diterima pada bulan Mei 2021, hal ini adalah merupakan hasil kerjasama antara DPRD dan Pemko Padangsidimpuan.
 
“ Kami juga mengucapkan terimakasih dan akan menjadi bahan bagi kami untuk melakukan inovasi dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padangsidimouan dengan mempertimbangkan situasi pandemic Covid-19, “ ujar Wakil Walikota.
 
Terkait dengan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkinerja masih rendah dalam hal serapan anggaran, begitu juga dalam hal menaikkan target penerimaan guna meningkatkan PAD dari tahun sebelumnya, Wakil Walikota juga mengapresiasi Fraksi Gabungan Persatuan Bintang Kebangkitan, atas sarannya.
 
“ Atas saran tersebut kami akan pertimbangan untuk mengevaluasi OPD yang belum maksimal kinerjanya dalam meningkatkan PAD dan terhadap kondisi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ayumi pihaknya juga akan memantau kinerja perusahaan daerah tersebut, “ terangnya.
 
Menjawab pandangan umum Fraksi Gerindra, bahwa terkait dengan internal DPRD Kota Padangsidimpuan, Wakil Walikota menjelaskan, persoalan internal DPRD kiranya permasalahannya dapat dikembalikan kepada DPRD Kota Padangsidimpuan.
 
Sedangkan jawaban atas pandangan umum Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), terkait pembelajaran tatap muka di masa pandemic Covid-19, Wakil Walikota menjelaskan agar program pendidikan tetap mengikuti petunjuk dan mempedomani peraturan pemerintah atasan.
 
“ Hingga saat ini tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Padangsidimpuan sudah 74 persen di berikan vaksinasi Covid-19 oleh Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kota Padangsidimpuan, “ ujar Wakil Walikota.
 
Terhadap jawaban atas pandangan umum Fraksi Golkar, Wakil Walikota mengapresiasi atas saran Fraksi Golkar terhadap Pemko Padangsidimpuan dalam menjalankan program penanganan Covid-19 secara baik dan berkelanjutan.
 
“ Terkait capaian target penerimaan yang menurun dan upaya yang dilakukan selama masa pandemic, secara bertahap Pemko Padangsidimpuan telah mengambil kebijakan relaksasi dan terus diperluas, sehingga upaya ini mampu menggerakkan lagi roda perekonomian daerah dan tentunya pemasukan terhadap PAD, “ pungkasnya.
 
Usai menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, SH menyerahkan dokumen LKPJ kepada anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Padangsidimpuan Iswandi Arisandi, untuk di bahas. (WD.014)


Komentar Anda

Berita Terkini