Empat Keuntungan Berinvestasi di Exchange-Traded Fund

HARIAN9 author photo

 

MEDAN| H9
Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI)Perwakilan Sumatera Utara, Pintor Nasution mengatakan ada empat keuntungan berinvestasi pada produk Exchange-Traded Fund (ETF). Pertama, mudah dan fleksibel karena dapat diperjualbelikan kapanpun pada jam perdagangan di BEI. 

"Kedua, rendah biaya dan rendah pula risikonya, ETF merupakan portfolio yang terdiversifikasi dengan satuan perdagangan 100 lembar sehingga dapat didapat dengan harga yang sangat terjangkau,"katanya, Sabtu (12/6/2021).

Dikatakannya, likuditas terjamin karena bisa diperjualbelikan kapan saja dan terdapat Dealer Partisipan yang menjamin likuiditas dari ETF. 

"Ketiga, cakupan yang luas, karena memiliki ETF sama saja dengan memiliki banyak saham-saham unggulan. Keempat, transparan karena informasi mengenai saham-saham yang ada pada portofolio ETF dapat diakses dimanapun dan diupdate setiap harinya di website resmi BEI,"ujarnya.

Investasi ETF bisa dijadikan sebagai strategi diversifikasi, karena  secara otomatis memiliki beberapa saham unggulan dalam sekali order. Selain itu, memiliki sifat fleksibilitas dengan memanfaatkan fleksibilitas jual dan beli yang tinggi, karena dapat langsung melakukan pembelian maupun penjualan ETF selama jam bursa berlangsung selayaknya saham.

ETF dapat dibeli oleh investor ketika di pasar perdana atau saat awal diterbitkan oleh manajer investasi melalui Dealer Partisipan, atau ketika sudah dicatat di pasar sekunder melalui seluruh Perusahaan Sekuritas seperti transaksi saham. 

"ETF dapat dicari dengan mudah pada aplikasi online trading melalui nama produk yang mengandung unsur ETF maupun melalui ticker code dengan huruf pertama “X”. Investor harus membuka rekening di perusahaan efek terlebih dahulu untuk dapat membeli ETF melalui perantara sistem perdagangan milik perusahaan efek yang terhubung dengan sistem perdagangan di BEI," katanya. (PP04)


Komentar Anda

Berita Terkini