NBT


Global Wakaf-ACT Luncurkan Program Wakaf UMKM di Kalsel

HARIAN9 author photo

 

KALSEL| H9
Dampak pandemi Covid-19 tak hanya berimbas pada sektor kesehatan, tapi juga ikut dirasakan pada sektor perekonomian. Tak terkecuali di Kalimantan Selatan, di mana sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Bumi Lambung Mangkurat ini terimbas badai pandemi.

Melihat realita tersebut, Global Wakaf-ACT meluncurkan program Wakaf UMKM di Kalsel. Tujuannya, untuk memberikan stimulus kepada pelaku UMKM agar kembali bangkit di tengah pandemi Covid-19. Dengan mengusung tagline “Bersama Angkat UMKM Indonesia”, program ini dihadirkan di Kalsel di halaman Masjid Sabilal Muhtadin, Banjarmasin.


Kepala Regional ACT Wilayah Indonesia Timur Syahrul Mubaraq mengatakan, sebagai lembaga sosial, Global Wakaf-ACT tak hanya berfokus pada penanganan kebencanaan saja. Akan tetapi, dengan dana wakaf, di masa pemulihan, pembangunan kembali hingga kondisi tanpa bencana, Global Wakaf-ACT menyalurkan dana yang dikelolanya untuk memperbaiki kondisi masyarakat lewat sektor-sektor produktif dan pemberdayaan.

“Kami sangat memahami dan melihat bahwa ada satu sarana yang diturunkan oleh Allah SWT ke dunia, yang dapat menjadi solusi dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah wakaf,” kata Syahrul, Jumat (25/6/2021).

Program Wakaf UMKM ini, tambah Syahrul, merupakan jawaban dari permasalahan ekonomi masyarakat, terutama pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Program ini sendiri berupa pemberian modal usaha kepada pelaku UMKM, serta pendampingan yang dilakukan oleh tim Global Wakaf-ACT.

“Dengan adanya program Wakaf UMKM, harapannya dapat menjaga masyarakat kita, khususnya pelaku UMKM, agar tetap bisa bertahan. Kami tak sebatas memberikan bantuan modal, tetapi kita juga melakukan pendampingan. Harapannya, dalam beberapa waktu ke depan, pelaku usaha yang sekarang mendapatkan bantuan bisa memberikan bantuan serupa ke orang lain,” imbuh Syahrul.

Kehadiran program Wakaf UMKM ini pun mendapat sambutan positif dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Fathurrahman mengatakan, program yang dihadirkan Global Wakaf-ACT ini menjadi stimulus bagi pelaku UMKM khususnya di Kalimantan Selatan.

“Kami (mewakili gubernur) sangat mengapresiasi. Ini adalah tugas mulia di bidang kemanusiaan dan banyak sekali yang telah dilakukan oleh Global Wakaf-ACT. Mudah-mudahan dengan adanya program Wakaf UMKM dapat meringankan beban pelaku usaha prasejahtera. Terutama yang terdampak pandemi Covid-19 dan bencana di Kalsel,” tutur Fathurrahman.

Di Kalimantan Selatan sendiri, tercatat sudah ada 117 penerima manfaat dari program Wakaf UMKM. Di seremoni peluncuran program Wakaf UMKM ini juga dihadiri 25 penerima manfaat yang merupakan pelaku UMKM di Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Selain itu, pada peluncuran program Wakaf UMKM juga dipamerkan berbagai produk UMKM binaan Global Wakaf-ACT, seperti sayur-mayur hingga makanan ringan.(PR01)

Komentar Anda

Berita Terkini