-->

Gubsu Gandeng Forum CSR Sumut Sinkronkan Program Pemerintah

HARIAN9 author photo

 

MEDAN |H9
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi optimis taraf hidup masyarakat akan meningkat apabila seluruh pihak terkait bersinergi. Untuk itu, Gubernur menggandeng Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kesejahteraan Sosial, guna menghubungkan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) khususnya mengenai sosial, dengan badan usaha yang ada di Sumut. 

"Kita yakin pasti bisa (meningkatkan kesejahteraan masyarakat), selama kita bersama," ujar Gubernur Edy Rahmayadi usai melantik pengurus Forum CSR Kesejahteraan Sosial Provinsi Sumut di Hotel JW Marriott, Jalan Putri Hijau, Medan, Selasa (1/6/2021).

 

Selanjutnya, Gubernur akan mengonsolidasikan berbagai pihak mulai dari masyarakat, badan usaha, hingga pemerintah kabupaten/kota untuk menyinergikan program Forum CSR dengan Pemprov Sumut. Konsolidasi tersebut juga bertujuan untuk menginventarisir berbagai permasalahan sosial.

 

"Banyak permasalahan sosial, mulai dari pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Ini bisa kita atasi bersama, " kata Edy Rahmayadi.

 

Sekretaris Jenderal Forum CSR Kesejahteraan Sosial Nasional Iyuk Wahyudi mengatakan, berdirinya Forum CSR berdasarkan dari Keputusan Menteri Sosial. Forum CSR bertugas menyinergikan semua potensi dunia usaha dengan program pembangunan pemerintah.

 

Di Yogyakarta, kata Iyuk, Forum CSR diundang ke dalam kegiatan Musrenbang. Iyuk menginginkan hal serupa juga dilakukan di Sumut. Sehingga program CSR bisa disinkronisasi dengan program pemerintah.

 

Ketua Forum CSR Sumut periode 2021 - 2026 Arman Chandra mengharapkan Forum CSR Sumut dapat diterima Pemprov Sumut agar dapat bersama-sama mendorong taraf hidup masyarakat. "Saya mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama melaksanakan tugas ini dengan baik, " kata Arman.

 

Dijelaskan Arman, Forum CSR ini bertugas mengoordinasikan dan menyinergikan potensi dunia usaha untuk kemudian bisa mendorong pembangunan di daerah. Juga bekerja sama dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.

 

Selain itu, fungsi lain Forum CSR di Sumut di antaranya memberikan data kepada badan usaha mengenai jenis permasalahan sosial, serta program penanganannya. Mendorong dan mengajak badan usaha untuk berperan aktif dalam keberhasilan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

 

Serta membantu Gubernur sesuai lingkup kewenangannya dalam mengoptimalkan pelaksanaan tanggung jawab sosial kepada masyarakat. “Forum CSR juga membantu dan memfasilitasi badan usaha dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial,” jelasnya.

 

Adapun pengurus Forum CSR Sumut (2021-2026) yang dilantik antara lain, Ketua Arman Chandra, Wakil Ketua Wakil Ketua Yandi Johanes Purba, Sekretaris Mery Sulianty dan Bendahara Petra Imenella. Turut hadir Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan Walikota Medan Bobby Nasution.(pr01)

Komentar Anda

Berita Terkini