NBT


Hadiri Panen Ikan Mas, Bupati Darma Wijaya Mengharapkan Seluruh Desa Bisa Mandiri

HARIAN9 author photo


SERDANG BEDAGAI | H9
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya mengharapkan seluruh desa yang ada di kabupaten Sergai ini dapat mandiri. Artinya tidak bergantungan dengan bantuan pemerintah, baik itu dalam bentuk tunai maupun non tunai.

Hal itu diungkapkan Bupati Darma Wijaya usai menghadiri acara memanen ikan mas milik masyarakat di Dusun I Desa Sei Belutu Kecamatan Sei Bamban, Kamis (3/6/2021).

Turut hadir Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan, Sekda Faisal Hasrimy, Dewan UKM Sergai Budi S.E dan Camat Sei Bamban.

Bupati Darma Wijaya mengatakan bahwa masyarakat tidak lagi boleh bergantung dengan pemerintah. Para petani harus bisa mandiri dan tidak mengharapkan pupuk bersubsidi.

"Saya harap seluruh Desa di Sergai ini bisa mandiri. Petani jangan bergantung dengan pupuk bersubsidi. Sebab pupuk subsidi itu langka karna memang kuota dari pemerintah pusat terbatas,"ujarnya.

Bupati menambahkan kampung ini merupakan aplikasi dari visi misi Dambaan, yakni Sergai Maju Terus (Mandiri, Sejahtera dan Religius).

"Saya seorang petani, saya juga hobi beternak. Jadi saya tau apa yang menjadi kebutuhan bapak ibu sekalian. Ini desa pertanian yang wilayahnya cukup luas. Kecamatan ini juga memiliki irigasi yang cukup memadai. Kami targetkan tahun depan pembangunan di Kecamatan ini akan kami prioritaskan. Silahkan pak Kades dan Camat mengajukan rencana pembangunannya agar bisa kita tampung di P-APBD,"jelas Bupati.

Di kesempatan itu, Bupati juga berpesan agar masyarakat terus memberdayakan lahan pertanian yang sudah ada dan tidak mengalih fungsikannya.

"Cetak sawah juga menjadi fokus kami, ada di Kecamatan Perbaungan, Tekuk Mengukudu, Tanjung Beringin, Paya Lombang, Bandar Khalipah dan lain sebagainya. Semua itu harus didukung irigasi. Kami akan komit perbaiki ini semua,"ujarnya.

Selain itu, Bupati juga terus mengingatkan kepada masyarakat tentang bahaya Virus Covid-19.

"Tolong bapak ibu sekalian jaga kesehatan. Prokes tetap harus diperhatikan,"tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sei Belutu Kecamatan Sei Bamban Paimin Ambarita mengaku selama Indonesia merdeka atau sejak 75 Tahun kampung ini belum pernah dikunjungi Pejabat. Bahkan setingkat Camatpun jarang untuk hadir di Dusun I Desa Sei Belutu ini.

"Dengan hadirnya Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan, ini menjadi kehormatan bagi saya dan masyarakat umumnya,"ujar Kades.

"Sejak Indonesia merdeka sekitar 75 tahun, kampung ini belum pernah dikunjungi pejabat. Ini suatu kehormatan bagi kami bapak berkenan hadir dan menyapa masyarakat,"tambahnya.

Iapun mengaku bahwa kampung ini bisa menjadi percontohan bagi desa lain sebab masyarakatnya bisa mandiri.

"Sebagian besar masyarakat disini bermata pencarian sebagai Petani atau peternak. Memanfaatkan lahan yang ada, masyarakat menggantungkan hidupnya dari panen padi atau ikan yang dibudidayakan. Untuk itu kami mengajak pak Bupati, pak Wakil dan Sekda untuk memanen hasil budidaya ikan mas yang kami lakukan di area persawahan,"tutupnya.

Sebelumnya Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan mengaku bahwa seharian ini dirinya dan pak Bupati mengikuti serangkain kegiatan 100 hari kerja nyata yang sudah kami jalankan sejak dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sergai 2021-2024.

"Demi mewujudkan desa mandiri tentunya harus didukung infrastruktur yang memadai. Kami ingin desa di Sergai ini bisa menjadi desa mandiri. Dan ini bisa menjadi contoh bagi desa lain,"pujinya.

Selain itu ia juga memaparkan program zakat ASN melalui Gerakan Aksi Kasih (GAK). Setiap guru minggu akan mendapatkan honor Rp 1,2 juta pertahun.

"Selain itu layanan administrasi kependudukan di 5 titik simpul kecamatan dan aplikasi "BAKSO URAT" juga sudah kami luncurkan. Rakyat tidak usah lagi jauh mengurus adminduk. Cukup datang ke kantor camat yang menjadi titik simpul layanan adminduk,"tandasnya.(WD023)

Komentar Anda

Berita Terkini