Kabupaten Aceh Tamiang Menyongsong Hadirnya Padi Organik

HARIAN9 author photo

 

ACEH TAMIANG| H9
Nama Kelompok Tani Serasi Kampung Pahlawan Kecamatan Karang Baru menjadi viral, sehubungan telah dikeluarkannya sertifikat oleh Indonesian Organik Farming yang berkedudukan di Bogor Jawa Barat. Untuk mengetahui lebih dalam, para Wartawan melakukan kunjungan ke Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Karang Baru pada selasa (15/06/2021). 

Syarifah Fitriani Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Karang Baru ditemui diruang kerjanya, terkait padi organik disampaikannya, hal tersebut merupakan gagasan dari M. Yunus, SP Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang,"terangnya.

"Budidaya padi organik butuh tahapan untuk menjadi beras dan hal itu sesuai yang telah dilakukan oleh Kelompok Tani Serasi Kampung Pahlawan dibawah pendampimgan penyuluh pertanian Nur Hasanah Damanik, SP, yaitu sebanyak 2,3 hektare dari 10 hektare lahan sawah yang ada, awalnya telah melakukan semi organik. 

"Untuk mencapai padi organik, seluruh tahapan mulai dari pengolahan tanah, pemupukan, membasmi hama dilakukan secara alami atau non kimia. 

Syarifah menambahkan, padi organik muncul hanya dari pemikiran Kepala Dinas Pertanian, yang menginginkan agar Aceh Tamiang dapat melahirkan beras sehat, melalui proses pemupukan, pengolahan lahan, membasmi hama dilakukan secara berimbang, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan,"jelasnya.

"Padi organik ini nantinya dapat berhasil dan terus dikembangkan, harus ada upaya dari berbagai pihak. Para Petani saat ini sangat butuh Alat pengolahan tanah, air, bimbingan, pemasaran serta harga jual gabah yang layak," ungkap Syarifah. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini