-->

Mahasiswa Fisip USU Berhasil Mengajak Anak Panti Asuhan Talenta Delpita untuk Meningkatkan Minat Belajar

HARIAN9 author photo

MEDAN| H9
Indriani Esma Brigita merupakan mahasiswa PKL 1 Ilmu kesejahteraan sosial FISIP USU yang melaksanakan praktikum di Panti Asuhan Talenta Delpita di Jl.Pintu Air IV N.388,Kwala Bekala,Kec.Medan Johor,Kota Medan.Praktikum dilaksanakan dan berlangsung selama kurang lebih 3 bulan yang dimulai pada tanggal 21 Maret 2021 dan berakhir pada 8 juni 2021 dan dibimbing oleh supervisior sekolah yaitu ibu Dra.Berlianti,M.SP,.Panti asuhan tersebut
menampung sebanyak 36 anak mulai dari umur 10 -18 tahun bersekolah dari tingkat SD- SMA/SMK.


Kegiatan dimulai pada bulan maret 2021 indriani melakukan pertemuan pertama dengan
berkenalan dengan anak-anak panti selanjutnya pada pertemuan-pertemuan berikutnya
melaksanakan kegiatan seperti belajar bersama,menontn film motivasi ,ibadah bersama melatih kreativitas anak-anak panti dengan membuat kerajinan,kebersihan,mini games
,mewarnai,menggambar ,cerita,serta pada perayaan paskah indriani dan 3 orang teman lainnya yang juga melaksanakan praktikum mengadalan perlombaan mencari telur paskah serta kegiatan pemasangan poster bertujuan agar indriani dapat lebih dekat dengan anak-anak panti.

Pada bulan April indriani memiliki klien yang berinisial (BN)berusia 10 tahun dimana dia tidak menganal angka dan huruf dan dalam hal ini indriani membuat program untuk membantu klien dalam belajar menganal angka dan juga huruf.Adapun metode yang digunakan oleh indriani adalah metode casework dari zastrow,diantaranya sebagai berikut:

1. Intake dan contract pada tahap ini indriani melakukan pengenalan menciptakan komunikasi
terbuka dengan klien dengan membuat perjanjian dengan klien
2. Assessment adalah suatu proses pemahaman tentang masalah sebagai dasar untuk melakukan tidakan pertolongan dan pencegahan masalah pada klien .Dan dalam upaya memahami masalah yang dihadapi klien indriani menggunakan teknik interview atau mewawancarai dan menggunakan klien BN untuk mengetahui apa permasalahan yang dihadapi klien tersebut secara mendalam sehingga dapat merancang penyusunan strategi permasalahan klien.

3. Planning/Perencanaan yang proses penyusunan strategi dalam penyelesaian masalah klien
.Dalam hal ini indriani merancang perencanaan dalam menyelesaikan masalah klien dengan
mengajak klien belajar dengan metode yang asik dan santai agar dia merasa senang belajar
,mengajari klien angka terlebih dahulu maka berlanjut pada pengenalan huruf namun di
selingi dengan mini games.

4. Intervensi pada tahap ini indriani memberi bimbingan pelajaran dalam mengenal angka dan huruf dalam tahap ini dilaksanakan satiap pertemuan dengan klien.Tentunya pada tahap ini diperlukan prses yang panjang hingga klien bisa mengenal angka dan huruf.

5. Evaluasi pada tahap indriani melihat apa-apa saja yang sudah dicapai oleh klien selama
pertemuan pembelajaran berlangsung dan apa-apa saja kekurangannya agar bisa
dimaksimalkan untuk hasil yang lebih baik lagi kedepannya

Dari beberapa tahapan metode casework ini diperolehlah bahwa klien sudah mengenal angka dan juga huruf.Indriani memberi beberapa bentuk apresiasi kecil-kecilan terhadap klien.
Selama kurang lebih 3 bulan praktikum diakhir pertemuan pada 8 Juni 2021 Indriani dengan 3 teman pelaksana praktikum lainnya yakni Rosa,Jesika dan Roida melaksanakan kegiatan
perpisanhan dengan anak-anak panti dan bapak serta ibu Panti Asuhan Talenta Delpita.Bapak
panti sangat berterimakasih atas kehadiran para praktikum dalam pelaksanaan dan bimbingan pada anak-anak panti. (PR01)
Komentar Anda

Berita Terkini