Mahasiswa IKS FISIP USU mengajak Anak-anak Panti Asuhan Melakukan Kegiatan Positif Di masa Pandemi COVID-19

HARIAN9 author photo


MEDAN| H9
Kegiatan Praktikum 1 yang dilaksanakan di Panti Asuhan Ora Et Labora Nusantara di Jalan Agenda No.11 Ayahanda, Medan, dengan Mahasiswa Praktikan yaitu Ananda Kahfi Noviandi (NIM 180902093), dan Supervisor Sekolah Bapak Husni Thamrin, S.sos, MSP. Selama kurang lebih 3 bulan berlangsung kegiatan Praktikum 1 yang dimulai dari tanggal 9 Maret 2021 dan berakhir pada 4 Juni 2021. Panti Asuhan ini menampung sekitar 23 Anak, Abang & Kakak Pengasuh, serta Bapak Pendiri sekaligus pengasuh yang bernama Bapak Salim Lim.

Pada awal bulan Maret 2021, Agenda yang saya lakukan adalah serangkaian Observasi dan Pengenalan diri terhadap anak-anak di panti. Setelah pengenalan, di pertemuan-pertemuan berikutnya saya melakukan Sosialisasi, bernyanyi bersama, membuat sebuah Fun Games bersama dengan anak-anak panti, dan melakukan olahraga badminton bersama dengan tujuan untuk meluangkan waktu melakukan kegiatan-kegiatan Positif dan juga untuk mengenal lebih dekat dengan anak-anak panti. Saya juga melakukan kegiatan Sosialisasi tentang bahaya COVID-19 dan Pemasangan sebuah Poster yang bertemakan “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” dengan tujuan untuk memberikan edukasi pencegahan penularan COVID-19 di lingkungan sekitar.

Pada bulan awal bulan Mei 2021, saya melakukan sebuah agenda Mini Project dengan salah satu anak panti yang dipilih untuk menjadi Klien pada proses Intervensi Mikro guna memberikan output dan project jangka panjang dari Kegiatan Praktikum ini. Mini Project yang saya laksanakan menggunakan tahapan sosial casework General/Umum. Saya memiliki Klien yang bernama Zulfrin yang berumur 13 tahun.

Tahapan Sosial Casework secara Umum :

1. Tahap Assessment

Tahap ini merupakan proses wawancara Klien atau penggalian informasi tentang apa-apa saja masalah yang di alami oleh Klien. Saya menggunakan teknik wawancara dan menggunakan Tools Assessment, dan dapat diungkap bahwa Zulfrin memiliki masalah seperti kecanduan Merokok dan berperilaku buruk terhadap anak-anak yang di bawah umurnya. Setelah mendapatkan permasalahan Klien, saya menggunakan Tools Assessment Ecomap untuk menggambarkan permasalahan Klien.

2. Tahap Perencanaan (Planning)

Tahap perencanaan adalah tahap dalam pemilihan strategi, teknik dan metode yang didasarkan pada proses tahap Assessment. Perencanaan ini bertujuan untuk mempermudah praktikan dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang di alami Klien. Program perencanaan yang saya susun dan dilaksanakan yaitu pertama, memberikan sebuah saran dan motivasi agar tidak lagi kecanduan merokok dan menjadi lebih baik lagi, kedua, mengajak melakukan hal-hal atau kegiatan Positif seperti: berolahraga badminton atau fun games lainnya, ketiga, mendekatkannya dengan anak-anak panti lainnya.

3. Tahap Intervensi

Tahap intervensi adalah tahap dalam pelaksanaan program yang merupakan rangkaian kegiatan proses pertolongan dalam pekerja sosial. Setelah assessment dan Perencanaan disusun, selanjutnya saya melakukan sosial pada level mikro. Pada tahap intervensi inilah saya melakukan semua program yang disusun, dimulai dari memberikan Zulfrin sebuah motivasi dan saran agar tidak lagi candu terhadap yang namanya rokok dan pada pertemuan selanjutnya melakukan pendekatan dengan anak-anak panti lainnya dengan tujuan untuk memperdalam ikatan kekeluargaan sesama anggota panti. Lalu kemudian juga melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti berolahraga, bermain badminton dan belajar bersama.

4. Hasil/ Dampak Mini Project

Hasil yang bisa dilihat dari berbagai program yang sudah dilaksanakan adalah Zulfrin yang pada awalnya memiliki perilaku buruk dengan anak-anak di bawah umurnya sekarang menjadi lebih akrab dan mau bermain bersama dengan anak-anak panti lainnya dan juga Zulfrin sudah terlihat jarang atau tidak pernah lagi terlihat menyentuh rokok dikarenakan yang ia lakukan sekarang adalah kegiatan-kegiatan Positif sehingga dapat melepasnya dari candu rokok tersebut.

5.Tahap Terminasi

Tahap ini merupakan tahap pengakhiran atau pemutusan hubungan antara praktikan dengan Klien. Pada tahap ini saya melakukan pemutusan hubungan dengan memberikan buku-buku beserta alat-alat tulis agar lebih giat lagi dalam melakukan kegiatan-kegiatan positif di panti.

Di akhir pertemuan Praktikum 4 Juni 2021, semua program atau kegiatan yang saya lakukan di apresiasi oleh Bapak Pengasuh, Bapak Salim Lim. beliau sangat berterimakasih atas kehadiran kami dan merasa sangat terbantu dalam mengisi kegiatan-kegiatan positif anak-anak panti selama pandemi ini. Dan dengan ini juga Praktikum 1 Ananda Kahfi Noviandi dinyatakan Selesai. (PR01)

Komentar Anda

Berita Terkini