Mahasiswa IKS FISIP USU Mengajarkan Teknologi Kepada Anak Panti Asuhan Yayasan Kasih Sahabat Dermawan

HARIAN9 author photo

 MEDAN| H9
Kegiatan Praktek Kerja Lapangan 1 yang di laksanakan di Panti Asuhan Yayasan Kasih Sahabat Dermawan yang berlokasi di Jl. Sei Terjun No.8 Babura – Medan baru, dengan mahasiswa praktikan yang bernama Brema Saut Arigunanta Pardede (180902076) dan dengan supervisor sekolahnya yaitu Ibu Malida Putri S.Sos, M.Kesos. Kegiatan praktikum ini dimulai pada tanggal 16 Maret 2021 sampai dengan 
16 Juni 2021.

Brema mengatakan, Panti yang berdiri sejak tahun 2020 tersebut sudah menampung 23 anak dengan berbagai macam permasalahan sosial. Anak – anak tersebut berusia dimulai dari 6 – 16 tahun. Sistem dipanti ini adalah penitipan anak, dimana anak-anak yang keluarganya adalah ekonomi rendah, yatim piatu dan akan ditampung pihak panti dan disekolahkan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi.

Pada tahap awal, Brema dan ke – 3 temannya datang ke panti tsb dan melakukan perkenalan terhadap anak – anak panti dengan menanyakan nama, hobi, dan cita – cita mereka. Para praktikan tersebut sangat mengapresiasikan cita – cita para anak – anak panti yang sangat tinggi dan mulia. Beberapa cita – cita anak tersebut seperti ingin menjadi guru, atlet, pengusaha, dll. Anak – anak tersebut meminta kepada Brema untuk mengajari dan membimbing mereka selama masa Praktikum.

Pada bulan ke – 2 anak – anak sedang melaksanakan Ujian Tengah Semester di sekolahnya, kemudian Brema dan ke – 3 temannya membantu anak – anak tersebut untuk menyelesaikan ujian mereka. Setelah membantu menyelesaikan ujian tersebut, Brema melihat bahwa anak – anak tersebut sangat lemah pada pelajaran teknologi komputer dan mengoperasikan komputer/laptop.

Pada bulan berikutnya, praktikan yang bernama Brema tersebut mendapatkan seorang client yang di nilai sangat lemah dalam menggunakan komputer ataupun laptop. Anak tersebut yang berinisial J adalah seorang wanita yang pintar dan sangat beretika hanya saja dalam urusan teknologi anak tersebut sangat lemah, hal itu di sebabkan oleh sejak kecil dia tidak pernah menyentuh hal – hal yang berbau dengan teknologi.

Brema berinisiatif untuk melakukan mini project terhadap anak yang berinisial J tersebut. Brema yang berperan sebagai konsultan tersebut membawa sebuah laptop untuk mengajari anak itu. Pada tahapan ini, dia menggunakan metode casework untuk membantu clientnya. 

Brema melakukan metode casework dari Zastrow, sebagai berikut;
1. Intake dan Contract, merupakan tahap kontrak kerja dan pengenalan program pembelajaran dengan klien.

2. Assesment, merupakan tahapan pengenalan secara mendalam kepada klien dari masalah klien dan harapan klien. Disini saya menggunakan tools wawancara dan pohon masalah. Masalah yang dialami J adalah sulit mengoperasikan komputer/laptop.

 3. Planning, merupakan tahap perencanaan yang dibuat Brema untuk memecahkan masalah klien dan mendapatkan info tentang keinginan klien. Pada tahapan ini Brema membawa laptop pribadinya agar dapat mengajari J dalam mengoperasikan laptop.

4. Intervensi, merupakan tahap dimana Brema memberikan bimbingan tentang dasar
mengoperasikan komputer/laptop. Pada tahap ini Brema menilai dan memastikan bahwa
pelaksanaan intervensi sejalan dengan perencanaannya. Dan melihat apa perkembangan yang
terjadi selama proses intervensi berlangsung.

5. Evaluasi, merupakan tahap pengkoreksian antara Brema dan klien dari program yang sudah dikerjakan, kekurangan dan kelebihan dari program ini. Setelah ke empat tahapan diatas selesai dilakukan, saya melihat J sudah dapat mengoperasikan laptop dengan lancar bahkan lebih lancar dibandingkan dengan teman – temannya yang lain.

Diakhir praktikum, Brema dan ke – 3 temannya yaitu Fernandus, Nikson, dan Shinta meminta kepada masing – masing anak panti untuk membuat surat kesan dan pesan kepada ke – 4 praktikan tersebut selama berpraktikum di panti itu. Kemudian mereka juga mengadakan perpisahan dengan anak – anak panti itu dengan memberikan beberapa bantuan terhadap panti yang berupa sembako, telur, dan indomie. Brema dan teman – temannya juga berharap mempunyai kesan yang baik dan dapat dikenang selama Praktikum di Panti tersebut.(PR01)
Komentar Anda

Berita Terkini