Pemkab Paluta Bersama BPJS Ketenagakerjaan Rakor Dan Evaluasi Program BPJS Bagi Aparat Desa

HARIAN9 author photo

 

PALUTA| H9
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program BPJS Ketenagakerjaan bagi Aparatur Desa se Kabupaten Paluta di aula Hotel Sapadia Gunungtua, Selasa (22/06).

Rapat koordinasi yang dijadwalkan berlangsung selama empat hari yakni 22-25 Juni tersebut dihadiri Bupati Paluta Andar Amin Harahap yang diwakili oleh Asisten I Bagian Pemerintahan Umum Syarifuddin Harahap, Kadis PMD AR Marjoni, Kadis Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan Siti Awan Lubis, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Padang Sidempuan Muhammad Syahrul serta Aparatur Desa se Kecamatan Padang Bolak dan Portibi.

Dalam bimbingan dan arahan Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi yang disampaikan oleh Asisten I Syarifuddin Harahap sekaligus membuka acara tersebut menyambut baik akan hadirnya program BPJS Ketenagakerjaan di tengah-tengah perangkat desa yang selama ini sudah berjalan. 

“Dengan adanya program perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan, setidaknya seluruh perangkat desa bisa merasa tenang dalam melakukan tugasnya karena resiko kecelakaan kerja berupa biaya pengobatan jika terjadi kecelakaan sepenuhnya sudah ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada perangkat desa supaya jangan ragu untuk ikut menyelenggarakan program tersebut karena Anggaran Dana Desa bisa dialokasikan, salah satunya untuk pembayaran iuran perlindungan bagi perangkat desa dan berharap ke depannya program ini dapat melindungi seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Paluta.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Padang Sidempuan Muhammad Syahrul dalam sambutannya menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial. 

"Sebagai Lembaga Negara yang bergerak di bidang Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan tentu menjadi sebuah perlindungan yang penting, yang diharapkan mampu memberikan manfaat bagi para pekerja dari hal-hal yang tidak terduga yang diakibatkan oleh resiko yang ditimbulkan dalam menjalankan pekerjaannya," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan santunan jaminan kecelakaan kerja dan kematian kepada ahli waris aparatur desa dari Desa Batang Onang, Desa Janji Mauli, Desa Botung, Desa Simangambat Dolok dengan jumlah masing-masing senilai Rp. 42.000.000,-.(WD009)

Komentar Anda

Berita Terkini