-->

Sinergi untuk Konservasi Danau Toba, Keselarasan antara Pembangunan dan Lingkungan

HARIAN9 author photo


BALIGE| H9
Konservasi lingkungan sekitar Danau Toba yang diinisiasi oleh INALUM merupakan salah satu dari dari rangkaian program Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (PJPSDA) bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta 1. 

Komitmen perusahaan plat merah yang bergerak di bidang peleburan aluminium untuk melestarikan lingkungan Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba terus dilanjutkan. 

Hal ini dibuktikan dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), Perum Jasa Tirta 1 dan Pemerintah Kabupaten Toba perihal Kegiatan Konservasi Danau Toba di Aula Kantor Bupati Toba, Balige pada tanggal 02 Juni 2021.

Tampak hadir pada acara tersebut adalah Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, Wakil Bupati Tonny Simanjuntak, SE beserta beberapa jajaran SKPD, Kepala Direktorat Operasi dan Produksi PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Rainaldy Harahap dan jajarannya, Direktur Operasional Perum Jasa Tirta 1 Gok Ari Joso Simamora dan jajarannya beserta instansi serta Lembaga lainnya.

Bupati Toba dalam sambutannya mengatakan penandatanganan kesepakatan bersama antara PT Inalum (Persero), Perum Jasa Tirta 1 dan Pemkab Toba sangat diperlukan untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Toba khususnya terkait pelestarian alam dan lingkungan. 

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT INALUM (Persero) atas kepeduliannya terhadap lingkungan terkhusus dalam hal konservasi Daerah Tangkapan Air Danau Toba, semoga kerjasama ini dapat terlaksana dengan baik, tidak hanya di Kabupaten Toba namun juga di kabupaten lain yang berada di sekitar Danau Toba,” demikian disampaikan Bupati Toba dalam sambutannya.

Kepala Direktorat Operasi dan Produksi PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Rainaldy Harahap dalam sambutannya mengatakan “INALUM dan Perum Jasa Tirta 1 sebagai BUMN tetap fokus terhadap kelestarian Danau Toba terkhusus terhadap lahan-lahan kritis di DTA Danau Toba. Kelestarian Danau yang merupakan rahmat bagi kita sangat penting karena disamping untuk menjaga kondisi debit air yang mendukung kelancaran operasional INALUM namun juga untuk kesejahteraan masyarakat”.

Dalam kegiatan konservasi di Kabupaten Toba, kami, INALUM bersama dengan Perum Jasa Tirta 1 untuk kesuksesan dalam hal eksekusi penanaman dan perawatan tanaman memerlukan dukungan dari Pemkab Toba. INALUM juga mengajak semua pihak di sekitar Danau Toba untuk ikut serta melestarikan lingkungan Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas yang kita cintai dan kita banggakan ini” demikian jelas Rainaldy Harahap dalam sambutannya.

Sebagai informasi bahwa Kegiatan konservasi Inalum dan Jasa Tirta 1 di Kabupaten Toba direncanakan seluas 250 hektar atau 100.000 Pohon dengan “POLA TANAM RAWAT”, yaitu pohon yang ditanam akan dirawat selama 2 tahun sampai tanaman dimaksud benar-benar tumbuh. (pr01)

Komentar Anda

Berita Terkini