Singapura Sebentar Lagi Anggap Covid-19 sebagai Flu Biasa

HARIAN9 author photo

 

SINGAPURA| H9
Singapura tengah mempersiapkan road map kehidupan warganya agar bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Nantinya, warga akan bisa beraktivitas seperti biasa meskipun virus Corona masih berkeliaran.

Covid-19 nantinya akan mendapat perlakuan seperti penyakit endemi lain, seperti flu dan lainnya, di Singapura. Sebagai penyakit yang bisa datang berkali-kali namun terkendali. Prioritas pemerintah Singapura dalam beberapa bulan ke depan adalah mempersiapkan warga Singapura hidup berdampingan dengan Covid-19.

Hal ini disampaikan tiga pejabat yang memimpin gugus tugas penanganan Covid-19 di Singapura. Yakni, Menteri Perdagangan dan Industri Gan Kim Yong, Menteri Keuangan Lawrence Wong, dan Menteri Kesehatan Ong Ye Kung.

“Sudah 18 bulan sejak pande­mi dimulai dan warga kita lelah dengan peperangan ini. Semua bertanya, kapan dan bagaimana pandemi berakhir,” kata mereka, kemarin.

“Kabar buruknya, Covid-19 mungkin tidak akan pernah hi­lang. Kabar baiknya adalah, itu mungkin untuk hidup normal di tengah-tengah Covid,” imbuh pernyataan itu.

Sebuah road map tengah dibuat agar Singapura bisa beralih ke new normal. Pencapaian itu bisa diraih seiring dengan pro­gram vaksinasi.

Singapura telah melakukan beberapa langkah untuk memper­siapkan Covid-19 menjadi endemi dan meningkatkan vaksinasi. Negara itu menggunakan vaksin Pfizer, Moderna, dan Sinovac untuk program imunisasi virus Corona.

Sejauh ini vaksin tam­paknya efektif mengurangi kasus infeksi dan penularan. Mayoritas warga yang sudah mendapat vaksin penuh hanya menunjuk­kan gejala ringan atau tidak sama sekali begitu terpapar.(The Straits Times)

Komentar Anda

Berita Terkini