-->

Sumur Wakaf Permudah Akses Air Bersih Ribuan Warga Taiz

HARIAN9 author photo

 

TAIZ| H9
Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya masyarakat di distrik Taiz, Yaman, kini bisa menikmati air bersih. Satu unit Sumur Wakaf yang telah dibangun sejak bulan Desember 2020 lalu, kini akhirnya bisa mengalirkan air bersih untuk lebih dari 5 ribu warga Taiz.

"Alhamdulillah, Sumur Wakaf yang kita bangun telah berhasil mengalirkan air bersih. Selanjutnya tinggal merampungkan kontruksi sumur dari amanah para dermawan ini," ujar Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Response-ACT.

Ancaman krisis air bersih memang nyata di Yaman. Badan PBB yang mengurus anak-anak (UNICEF) memperingatkan, hampir 18 juta orang, termasuk 9,2 juta anak, tidak mendapatkan akses terhadap air bersih di Yaman.

Masalah ketersediaan akses air bersih dan sanitasi memang jadi masalah sejak lama di Yaman. Bahkan hal ini menimbulkan masalah kesehatan. AFP bahkan melaporkan di tahun 2020 lalu, mencuci tangan merupakan kemewahan bagi warga Yaman, khususnya di masa pandemi Covid-19. Pada tahun 2017, negara ini juga mengalami wabah kolera, yang salah satu penyebarannya lewat air yang tercemar. Mohammed Aqil, dokter di pusat kesehatan Al-Jaada, di Hajjah, Yaman, menuturkan, klinik harus menghadapi sekitar 300 pasien per hari dengan pelbagai masalah kesehatan.

Melihat kondisi ini, membuat permasalahan air harus segera dicarikan solusi, baik untuk kebersihan hingga konsumsi. “Sumur Wakaf sedalam 25 meter ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan krisis air bersih di Taiz,” harap Firdaus.

Komentar Anda

Berita Terkini