Vaksinasi Covid-19 Tembus 1,3 Juta Dosis per Hari

HARIAN9 author photo


JAKARTA| H9
Indonesia telah mencapai 1,31 juta dosis vaksin Covid-19 pada Sabtu (26/6/2021) kemarin, jumlah ini melewati target 1 juta dosis vaksin per hari.

Kenaikan tersebut terjadi karena TNI/Polri melakukan operasi 1 juta vaksinasi yang digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia.

"Terima kasih untuk TNI/Polri, Pemerintah Daerah, BUMN, dan pihak swasta yang turut membantu,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya, Minggu (27/6/2021).

Pada Sabtu (26/6/2020), vaksinasi dosis pertama telah dilakukan kepada lebih dari 27 juta orang dan vaksinasi dosis kedua kepada lebih dari 13 juta orang.

"Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, dan Poltekkes di seluruh Indonesia," ujarnya.

Dalam SE tersebut, vaksinasi harus dilakukan kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

"Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi,” ujarnya.

Menkes juga menyampaikan pemerintah terus berupaya untuk memastikan ketersediaan vaksin melalui skema multilateral dan bilateral.

“Jadi, saya mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena hanya dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol,"katanya.

Budi mengungkapkan terima kasih kepada para dokter, petugas laboratorium, perawat, supir ambulans, dan relawan yang selalu membantu menangani pasien Covid 19.

“Kami akan terus berupaya untuk melindungi dan memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia,” harapnya. (warta ekonomi)

Komentar Anda

Berita Terkini