Webinar dengan Kedubes Belanda, BI Sumut Berbagi Informasi Program Pengembangan UMKM

HARIAN9 author photo


MEDAN| H9
Pada pertemuan webinar dengan Kedubes Belanda yang bertajuk "Peluang Ekspor ke Pasar Uni Eropa", Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Soekowardojo berbagi informasi mengenai program pengembangan UMKM yang dilakukan Bank Indonesia (BI) dalam mendorong UMKM naik kelas.

Adapun beberapa program yang dilakukan di antaranya, peningkatan kapasitas UMKM dalam upaya memperkuat kualitas UMKM agar lebih berdaya saing, baik dari sisi sumber daya manusia, proses produksi, maupun pemasaran produk.

Dengan kata lain, katanya program pengembangan UMKM dilakukan secara end to end process atau dari hulu ke hilir.

"Bank Indonesia juga menetapkan peta jalan pengembangan UMKM dengan membagi UMKM ke dalam 4 level dengan berbagai kriteria berdasarkan kapabilitas UMKM, yaitu UMKM Potensial, UMKM sukses, UMKM digital dan UMKM ekspor, katanya, Kamis (17/6/2021).

Sedangkan untuk program pengembangan UMKM masih dikatakannya, menyasar 4 hal yaitu mendorong ketersediaan bahan baku, meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses produksi dan kelembagaan, mendorong digitalisasi dan pembiayaan, serta mendorong perluasan akses pasar, termasuk akses pasar global atau ekspor.

Upaya dalam mendorong akses pasar global atau ekspor, kata Soekowardojo dilakukan antara lain, bersinergi dengan berbagai stakeholder dalam pelaksanaan berbagai event promosi dan business matching, seperti pelaksanaan event Beli Kreatif Danau Toba dalam mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia.

Kemudian Bangga Berwisata di Indonesia dan 12 juta merchant QRIS, memfasilitasi keikutsertaan UMKM pada berbagai event promosi skala nasional dan internasional, baik yang diselenggarakan di dalam negeri maupun di luar negeri, serta mengikut sertakan UMKM dalam berbagai capacity building seperti halnya kegiatan webinar yang dilakukan saat ini.

Webinar juga diikuti 136 UMKM dari berbagai wilayah di Sumut, termasuk di antaranya 36 UMKM binaan Bank Indonesia dari 3 KPw BI di wilayah Sumut yakni KPw BI Provinsi Sumut, KPw BI Pematangsiantar dan KPw BI Sibolga tersebut.(PP04)

Komentar Anda

Berita Terkini