ACT Salurkan Beras Wakaf di Magelang Selatan

HARIAN9 author photo

 

JAKARTA| H9
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Magelang menyalurkan ratusan kilogram Beras Wakaf gratis kepada masyarakat di kampung pemulung di Kiringan Baru, Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Selatan. Beras Wakaf ini hadir, demi meringankan kebutuhan pokok masyarakat khususnya kebutuhan akan pangan.

Sebanyak 18 Kepala Keluarga kini menempati pinggiran Sungai Dadali ini. Sesuai dengan sebutannya, sekitar 95% warga di sana berprofesi sebagai pemulung. Kampung ini muncul sejak dua tahun silam, di mana sebelumnya warga menempati tanah milik Pemerintah Kota Magelang yaitu di belakang Kantor Samsat Drive Thru Kota Magelang, sehingga ditertibkan oleh Satpol PP.

Sebagian besar rumah mereka terbuat dari kayu dan masih banyak yang berlantai tanah. Wilayah ini dapat dikatakan masih termasuk kurang layak, sebab belum ada sarana kamar mandi dan kakus walaupun di kampung tersebut sudah mempunyai dua lokasi MCK umum.

Salah seorang warga bernama Suroso (45 th) pun berterima kasih dengan hadirnya bantuan ini. Warga yang sehari-hari mencari rongsokan atau botol bekas ini pun, berterima kasih dengan hadirnya Beras Wakaf. “Untuk bantuan (pangan), kami sering mendapatkan tapi kebanyakan saat bulan Ramadan. Selain itu ya jarang sekali,” kata Suroso.

Giyanto selaku Kepala Cabang ACT Magelang menyampaikan bahwa memberikan bantuan seperti ini memang merupakan kewajiban bagi setiap manusia. Terutama, bagi Lembaga kemanusiaan yang miliki tugas membantu mengentaskan kesulitan masyarakat prasejahtera. “Dengan pembagian Beras Wakaf gratis ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk warga Kampung Pemulung,” pungkas Giyanto.(pr01)

Komentar Anda

Berita Terkini