Bantuan Beras PPKM Untuk Peserta PKH Di Paluta Mulai Disalurkan

HARIAN9 author photo

 

PALUTA| H9
Bantuan beras Pemberlakukan Pembatasan kegiatan Masyarakat untuk warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sudah mulai disalurkan, Jumat (30/07).

Diketahui, bantuan beras yang merupakan program pemerintah melalui Kementerian Sosial atas pelaksanaan PPKM di daerah kabupaten Paluta diberikan kepada penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan total berat 10 kilogram beras.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paluta Ongku B Harahap SSos melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan penanganan Fakir Miskin Amrin Musaddat Nasution menyebutkan bahwa sebelumnya Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi sudah melakukan launching penyaluran bantuan beras untuk keluarga penerima manfaat (KPM) program BST.

“Bantuan beras untuk KPM program BST sudah disalurkan dan saat ini masih berlangsung. Sekarang giliran bantuan beras untuk KPM PKH yang juga sudah mulai disalurkan,” jelasnya.

Kepedulian Pemerintah bagi masyarakat penerima PKH dan BST diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Melalui Pemberian beras ini, masyarakat diminta mengurangi aktivitas diluar rumah yang dipandang tidak perlu dan mendesak serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Senada, Koordinator PKH Kabupaten Paluta Irdan Hidayat Harahap mengatakan bahwa penyaluran bantuan beras PPKM untuk KPM PKH dimulai hari ini secara serentak di 11 kecamatan yang ada di kabupaten Paluta.

“Hari ini penyaluran dilakukan di 11 kecamatan secara serentak. Khusus untuk kecamatan Padang Bolak, penyaluran akan kita mulai pada besok, Sabtu (31/07),” ujar Irdan, Jumat (30/07).

Dikatakannya, sebanyak 5655 KPM PKH yang tersebar di kabupaten Paluta akan menerima bantuan beras atas pelaksanaan PPKM sesuai dengan arahan Presiden RI Jokowi melalui Kemensos di setiap daerah yang warganya terdampak PPKM.

Irdan menyebutkan, pendistribusian bantuan beras PPKM untuk peserta PKH dijadwalkan pada tanggal 30 - 31 Juli yang dipusatkan di setiap kantor camat se kabupaten Paluta.

“Penyalurannya kita pusatkan di setiap kantor camat yang ada di wilayah kabupaten Paluta,” tambahnya.

Pendistribusian bantuan beras PPKM PKH dilakukan oleh  pihak PT. Pos Indonesia sebagai jasa penyalur dengan didampingi oleh pihak Dinas Sosial kabupaten Paluta, camat, pendamping sosial PKH dan pihak babinsa/babinkhabtimas.

Sebelumnya, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi sudah melakukan launching penyaluran bantuan beras PPKM kepada penerima manfaat BST yang juga sekalian untuk penerima manfaat PKH.

Diketahui, sesuai data dari pihak Dinas Sosial kabupaten Paluta, penerima bantuan beras PPKM dari peserta BST sebanyak 7881 KPM dan dari peserta PKH sebanyak 5655 KPM sehingga total penerima bantuan beras PPKM di kabupaten Paluta sebanyak 14.536 penerima manfaat.(WD009)

Komentar Anda

Berita Terkini