NBT


BMKG: Beberapa Wilayah di Indonesia Hujan Lebat dan Angin Kencang

HARIAN9 author photo

 

JAKARTA| H9
Pengetatan syarat perjalanan saat libur Hari Raya Idul Adha sebagai bentuk antisipasi lonjakan kasus Covid-19. Hal ini ditegaskan Staf Khusus Menteri Perhubungan dan Juru Bicara Kementerian PerBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada Minggu (18/7/2021).

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, dilansir dari Antara, potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat diperingatkan untuk Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua, dan Papua Barat.

Sirkulasi siklonik terpantau di Peapua bagian barat yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan utara Papua hingga pesisir barat Papua, serta sirkulasi siklonik di perairan barat Bengkulu.

Daerah konvergensi lainnya memanjang di Bengkulu bagian selatan hingga Jambi bagian utara, di Kalimantan Timur hingga perairan utara Kalimantan bagian utara dan di Laut Banda bagian barat hingga Laut Maluku bagian selatan.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi itu.

BMKG juga meminta masyarakat waspada terhadap potensi angin kencang di wilayah Gorontalo, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Untuk Provinsi Aceh, BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi kenaikan suhu udara yang dapat menyebabkan kekeringan.(rel)

Komentar Anda

Berita Terkini