Dalam Rangka Penanganan Penyebaran Virus Covid-19, Pemkab Tapsel Gelar Rakor Forkopimda

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL| H9
Dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tapsel di aula eks Kantor Bupati Tapsel Jalan Kenanga Padangsidimpuan, Kamis(22/7/2021).

Rakor dipimpin Bupati Tapsel H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.Pt, MM, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, dihadiri Dandim 0212 / Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK,MH, Wakapolres Tapanuli Selatan Kompol Rahman Takdir Harahap, SH, serta para Pimpinan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) Kabupaten Tapsel.

Dalam sambutannya, Bupati Tapsel H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.Pt, MM diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM berharap pemulihan ekonomi di wilayah Kabupaten Tapsel semakin membaik, dengan memaksimalkan produk-produk pertanian dengan review penegakan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) dengan melakukan perubahan pola hidup.

" Selama kegiatan Rakor Forkopimda Kabupaten Tapsel dalam rangka penanganan penyebaran birus Covid-19 berlangsung, kita harus tetap memperhatikan Prokes seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M) guna mencegah penyebaran Covid-19, " ujar Bupati.

Dandim 0212 / Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, menyampaikan, untuk melaksanakan swab antigen kepada masyarakat yang tidak memakai masker personil keamanan yang ada di tempat harus didampingi petugas kesehatan dengan tujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Forkopimda.

" Kemudian tempat isolasi dan Posko Covid-19 yang ada di Desa dan Kelurahan, tolong di cek kondisinya dan juga harus dilihat dari sisi kepedulian aparatur pemerintah di Desa dan Kelurahan terhadap masyarakatnya, " tetang Dandim.

Wakil Ketua I Satgas Covid-19 Kabupaten Tapsel ini juga memaparkan  terkait situasi terkini, bahwa penyebaran virus Covid-19 di wilayah Teritorial Kodim 0212 / Tapsel dan dalam pelaksanaan pengamanan personil tetap harus mematuhi Prokes serta mengantisipasi dan deteksi dini terhadap orang yang terpapar Covid-19 dengan memberi edukasi terkait penyebaran virus Covid-19.

" Presiden RI telah memberikan mandat kepada TNI sebagai pelopor dan dalam hal ini Kodim 0212 / Tapsel sebagai tempat Isolasi terpusat / terpadu bekerja sama dengan Pemkab Tapsel dan Polres Tapsel, mengingat Kabupaten Tapsel masuk pada Level 3 atau zona Orange, " ucap Dandim.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK,MH, selaku Wakil Ketua II Satgas Covid-19 Kabupaten Tapsel menyampaikan, terkait dengan penanganan penyebaran virus Covid-19 di wilayah hukum Polres Tapsel, dengan dilaksanakannya Analisa dan Evaluasi (Anev) setiap minggu serta bekerjasama dengan Pemkab, TNI dan Polri dalam penanganan penyebaran Covid-19.

Kemudian kita harus melihat kekurangan serta kelemahan kita dalam penanganan lenyebaran Covid-19 sekaligus melakukan Pengecekan Posko sampai ke tingkat Desa, serta merobah pola perilaku, kebiasaan serta disiplin masyarakat dan menyiapkan perlengkapan serta anggaran melalui APBD, kemudian tetap melaksanakan vaksinasi dengan sasaran 70 persen dari 225 ribu jiwa di wilayah Kabupaten Tapsel.

" Aktifkan wajib lapor bagi masyarakat yang keluar masuk daerah, serta perkuat idealisme, berkeadilan dan kesadaran diri, serta melibatkan kelompok ahli untuk menilai situasi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Tapsel yang semakin tinggi dan untuk TNI - Polri siap mendukung penekanan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Tapsel dengan berbasis anggaran, " terang Kapolres.

Kapolres juga memberikan tanggapan agar dilakukan deteksi dini guna mengetahui masyarakat yang terpapar dan tetap laksanakan vaksinasi massal untuk mengejar ketertinggalan dari target yang telah ditentukan dengan tetap mematuhi Prokes.

" Dalam penyemprotan disinfektan tanggal 25 Juli nanti tolong mengundang TNI-Polri demi membangun sinegritas Pemkab bersama TNI-Polri dan regulasi Operasi Yustisi agar dipertegas, " tegasnya.

Sedangkan juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tapsel Sofyan Adil Siregar menjelaskan, terkait paparan yang disampaikan oleh Dandim 0212 / Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP dan Kapolres Tapsel AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK,MH, bahwa melihat situasi Covid-19 di Indonesia yang semakin meningkat maka diberlakukan PPKM level 1 - 4. 

" Oleh karena itu, kita semua diharapkan untuk terus meningkatkan vaksinasi massal, tetap terapkan Prokes  dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kasus penyebaran virus Covid-19, " imbuhnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini