Danrem 023/KS Tutup TMMD 111 Kodim 0212/Tapsel

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL|H9
Komandan Resort Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS) Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang secara resmi menutup kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 111 Kodim 0212/Tapsel Tahun Anggaran (TA) 2021, yang dilaksanakan di aula Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, Rabu (14/7/2021).

Acara penutupan dihadiri Bupati Tapsel H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.Pt, MM, Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM, Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, Kapolres Tapsel AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, mewakili Bupati Mandailing Natal, mewakili Bupati Padang Lawas Utara, para Danramil se jajaran Kodim 0212/Tamsel, Dansub Denpom I/2-3 Padangsidimpuan, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapsel, Kepala Desa Siuhom, Perwakilan PT.AR, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.
 
Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang mengatakan, keberhasilan TMMD ini tentunya tidak terlepas adanya kerja sama dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel) dan partisipasi segenap komponen masyarakat.
 
Menurut Danrem,  TMMD ini bagian dari bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat dan ia juga mengapresiasi dan sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung keberhasilan program TMMD 111 Kodim 0212/Tapsel, sehingga bisa dirasakan dampak dan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya di sekitar wilayah pelaksanaan TMMD.
 
“ Saya menyampaikan pesan kepada masyarakat yang Desa nya menjadi sasaran TMMD agar jalan yang dibangun Satgas itu bisa dipelihara sehingga waktu pakainya bisa panjang karena yang bisa merawat dan menjaga yaitu masyarakat yang disana, “ ucap Danrem..
 
Lebih lanjut Danrem mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini pandemi Covid-19 di wilayah Teritorial Rem 023/KS khususnya belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.
 
“ Untuk itu, saya berharap kepada aparat Pemda, Prajurit TNI dan Polri agar tidak pernah bosan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli untuk mematuhi Prokes, sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19, “ harapnya.
 
Sementara Bupati Tapsel Dolly Pasaribu mengatakan, untuk peningkatan jalan di lokasi TMMD itu kita pelan-pelan dengan kondusif untuk peningkatannya, karena itu sangat bergantung kepada kekuatan anggaran pendapatan daerah di Tapsel.
 
“ Tidak mungkin ada pembangunan sekaligus karena semua berkaitan dengan Desa lain dan Kecamatan lain, jadi kita harus memang teliti dan perlu pemerataan pembangunan. Semua itu tetap kita memperhatikannya, “ jelas Dolly.
 
Bupati juga menitip pesan kepada warga, agar senantiasa menjaga dan merawat sarana prasarana yang telah di bangun TMMD, karena, dengan dukungan infrastruktur yang memadai, perekonomian daerah tentu dapat ditingkatkan,.
 
“ Usai program nasional ini, warga dapat lebih leluasa memasarkan berbagai hasil pertanian. Jalan yang sebelumnya hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki, selanjutnya bisa dimasuki kenderaan roda dua, mobil atau angkutan lain, “ ungkap Dolly.
 
Sebelumnya, dalam paparannya, Dandim 0212/Tapsel selaku Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) TMMD 111 Kodim 0212.Tapsel Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, bahwa untuk seluruh pengerjaan sasaran fisik dan non fisik yang dilaksanakan selama program TMMD telah rampung 100 persen dan telah dinikmati dampak serta manfaatnya oleh masyarakat sekitar.
 
Dandim menyebutkan, pelaksanaan TMMD 111 Kodim 0212/Tapsel yang di pusatkan  di Dusun Tangga Batu, Desa Siuhom, Kecamatan Angkola Barat dan Desa Huta Tonga, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel dilaksanakan sejak mulai tanggal 14 Juni 2021 selama satu bulan penuh dan dalam TMMD ini dilaksanakan kegiatan berupa pelaksanaan kegiatan fisik maupun non fisik. Untuk program fisik yang menjadi harapan masyarakat adalah terselesaikannya jalan baru sepanjang 6,4 Kilometer dan lebar 8 meter.
 
“ Untuk kegiatan TMMD yang kita laksanakan seluruh pekerjaan sasaran fisik dan non fisik telah selesai dengan baik, yang selama kegiatan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, “ ujar Dandim.
 
Dandim juga menyampaikan pesan dan kesan selama pelaksanaan TMMD 111 Kodim 0212/Tapsel, yang mana selama kegiatan terjalin komunikasi dan kemanunggalan TNI dengan Rakyat karena dapat melaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik tepat waktu dan tepat sasaran.
 
“ Para Satgas TMMD bergotong royong bersama dengan masyuarakat, sehingga pekerjaan tepat waktunya diselesaikan sampai 100 persen dan itu sangat berkesan bagi kami terutama kegotong royongnya itu, “ ucap Dandim.
 
Dandim juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan TMMD Kodim 0212/Tapsel ini, terdapat tutur kata maupun tingkah laku para prajurit yang tidak berkenan dihati masyarakat dan seluruh pihak yang terlibat di dalam kegiatan ini.
 
“ Pesan kami terutama kepada masyarakat di lokasi pembangunan jalan TMMD, agar menjaga dan memelihara jalan tersebut untuk kesejahteraan rakyat khususnya bagi yang bercocok tanam atau mempunyai perkebunan disana, ” tutur Dandim. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini